Berita Nasional Terpercaya

Ratusan siswa SD Kunjungi Rumah Veteran

0

HarianBernas.com, Solo — Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember, Selasa (10/11), ratusan siswa sekolah dasar (SD) 110 Mahanan Surakarta mengunjungi ke rumah salah satu mantan pejuang Kemerdekaan RI di Kota Solo.

Para siswa kelas 5 SD Manahan tersebut mengunjungi rumah mantan pejuang Kemerdekaan RI, Djoko Ramelan (85) di Jalan Semeru No 6 Gremet Manahan Solo dengan penuh semangat. Mereka mendapatkan sambutan hangat dari kakek yang mengaku ikut berjuang melawan Belanda di kota ini.

Djoko Ramelan, dengan penuh semangat menceritakan tentang perjuangan para pejuang saat merebut Kota Solo dari tangan Belanda pada 1948 atau agresi II dari Djoko Ramelan.
Para siswa menyimak cerita zaman penjajahan ketika Belanda menguasai Kota Solo pada 21 Desember 1948 dengan penuh semangat. Akhirnya,  pertempuran empat hari empat malam atau tanggal 7–10 Agustus 1949 tersebut, tidak sia-sia. Kota Solo dapat direbut kembali.
“Saya bangga dengan dikunjungi oleh anak-anak sebagai penerus bangsa ini. Mereka juga berjuang untuk memajukan bangsa ini,” ungkap Djoko Ramelan yang sejak usia 18 tahun telah ikut berjuang bersama Tentara Pelajar (TP).
    Menurutnya, pertempuran yang dipimpin Mayor Ahmadi tersebut kini diabadikan dengan Monumen Ahmadi di Gladak. Mayor Ahmadi merupakan Komandan TP yang berada di bawah komando Letkol Slamet Riyadi.
Niza (10) salah satu siswa mengungkapkan perasaan senangnya setelah mendengarkan cerita tentang perjuangan kemerdekaan pada zaman penjajahan Belanda maupun Jepang.
“Saya senang cerita dari kakek itu, tentang perjuangan mengusir penjajah di Kota Solo,” kata Niza.
Menurut Murwati, guru kelas 5 , kegiatan berjunjung ke salah satu pelaku yang ikut dalam perjuangan kemerdekaan tersebut, masuk dalam mata pelajaran bela negara.
“Anak-anak sangat antusias mendengarkan cerita-cerita soal perjuangan zaman penjajahan dari eyang Djoko Ramelan. Kami berharap dengan kegiatan ini, mereka akan memacu semangat belajarnya, dan lebih mencintai negaranya,” katanya.(ant)

Leave A Reply

Your email address will not be published.