Berita Nasional Terpercaya

Kota-Kabupaten Wajib Punya UPTD Metrologi

0

Kota-Kabupaten Wajib Punya UPTD Metrologi

KARAWANG, HarianBernas.com?Kabupaten dan Kota se-Indonesia wajib memiliki UPTD Metrologi. Ini terkait dengan persiapan peralihan kewenangan tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya dari Provinsi ke Kabupaten/Kota.

Peralihan kewenangan ini, menurut Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo, sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Saat ini, pihaknya masih terus mendorong agar kabupaten/kota di seluruh Indonesia menyiapkan peralihan kewenangan tentang kegiatan tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

Di antara persiapan yang dilakukan menjelang diberlakukannya peralihan kewenangan kegiatan tera ulang itu, setiap kabupaten/kota wajib memiliki UPTD Metrologi Legal serta sumber daya manusia.

Ia menyatakan, saat ini baru ada enam kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang sudah menerima peralihan kewenangan. Untuk di Jawa Barat, baru satu daerah, yakni Karawang.

Namun 2017 nanti, pihaknya menargetkan seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia harus sudah siap menerima peralihan kewenangan kegiatan tera ulang.(Ant)

Leave A Reply

Your email address will not be published.