Berita Nasional Terpercaya

Penyatuan ATM Bank BUMN Bikin Was-was

0

MANADO,HarianBernas.com?Kebijakan pemerintah menyatukan layanan anjungan tunai mandiri (ATM) bagi bank-bank BUMN membuat was-was perbankan di daerah. Sebab pendapatan dari layanan ATM, diakui masih signifikan bagi perbankan.

?Jelas akan berdampak pada pendapatan bank itu sendiri. Sebab penyatuan layanan ATM ini akan meniadakan biaya administrasi,? kata Pimpinan Kantor Wilayah BRI Manado, Yoshua P. Hutapea di Manado, Rabu.

 

Diakui, kebijakan ini merupakan terobosan pemerintah untuk mendorong layanan ke masyarakat. Untuk itu, pihaknya kata Hutapea, siap mendukung.

?Ya, konsekwensinya kami harus lebih kreatif untuk mencari sumber pendapatan lain. Terutama dari peningkatan fungsi intermediasi,? papar Joshua.

Terpisah, CEO BNI Wilayah Manado Johnny Tampubolon juga mengakui dampak dari penyatuan layanan ATM ini. Bagi bank, kebijakan ini akan menekan pendapatan dari fee based income.

Tapi Johnny menegaskan, pihaknya akan ikut kebijakan dan mulai mengoperasikan ATM Merah Putih tahun 2016 nanti.

Menurut Johnny, integrasi ATM BUMN tersebut, diyakini dapat saling menguntungkan karena tercipta efisiensi dan perluasan jaringan.

Pilot project konsolidasi mesin ATM milik empat bank negara, yakni BRI, BNI, Mandiri, dan BTN, diharapkan dapat membantu masyarakat dan nasabah.(Ant)

Leave A Reply

Your email address will not be published.