Berita Nasional Terpercaya

Mahasiswa KKN-PPM UGM Bangun Rumah Baca di Kampung Sisir, Kaimana, Papua Barat

0

Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor Kuliah Kerja Nyata (KKN) mewajibkan para mahasiswanya untuk melaksanakan program tersebut di berbagai pulau di Indonesia, salah satunya di Papua. Tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan KKN-PPM UGM di Papua Barat, tepatnya di Kabupaten Kaimana, dengan tema “Pemberdayaan Sumber Daya Manusia berbasis Kearifan Lokal melalui Pengembangan Pendidikan dan UMKM Menuju Kemandirian dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat: Big Brother Big Sister.” Terdapat tiga fokus program kerja yang dilaksanakan, yaitu dalam bidang pendidikan, pengembangan wilayah, dan pengembangan UMKM. Dari ketiga fokus tersebut, terdapat satu program unggulan yaitu pembangunan rumah baca.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Rumah baca berhasil dibangun oleh kelompok KKN-PPM UGM di Kampung Sisir, Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Pembangunan ini merupakan hasil kerja sama antara mahasiswa KKN dengan Bank BNI, pemerintah daerah, serta masyarakat setempat. Rumah baca ini diresmikan pada tanggal 24 Agustus 2015 oleh Ibu Novita selaku Sekretaris Distrik Kaimana dan dihadiri oleh seluruh masyarakat Kampung Sisir.

Pemilihan lokasi pembangunan di Kampung Sisir dilakukan dengan berbagai pertimbangan, utamanya karena minimnya fasilitas pendidikan serta terbatasnya akses yang berada di kampung tersebut. Sebagai gambaran, untuk mencapai kampung ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan long boat atau speedboat dan diperlukan waktu selama kurang lebih 2 jam dari kota. Tidak ada aliran listrik maupun telepon di kampung ini. Sekolah yang terdapat di sana hanya sampai pada tingkat SMP, dengan jumlah guru dan buku pelajaran yang terbatas. Selain itu, permasalahan akses juga menjadi persoalan yang penting. Para murid SD dan SMP tidak memiliki buku pelajaran masing-masing sehingga mereka hanya mengandalkan catatan yang diberikan oleh guru.

Berangkat dari permasalahan tersebut, keberadaan rumah baca tentu sangat diperlukan di Kampung Sisir, Kabupaten Kaimana, Papua Barat sebagai sarana belajar baru yang menyenangkan. Rumah baca didesain sedemikian rupa sehingga menciptakan kesan nyaman bagi siapa saja yang datang dan ingin membaca di sana. Masyarakat bisa memilih buku bacaan dari sekitar 200 buku yang tersedia dari berbagai tema, mulai dari buku pelajaran, dongeng, fiksi, majalah, dan lain-lain. Harapannya, masyarakat setempat bisa memiliki minat baca yang tinggi dan membaca semakin banyak buku yang dapat memperluas wawasan mereka.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.