Berita Nasional Terpercaya

Mobil Listrik Arjuna UGM Siap Berlaga

0

JOGJA,HarianBernas.com-UGM kembali mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di Politeknik Negeri Bandung pada 12-15 November. Melakukan berbagai perbaikan dibanding 2014 lalu, tim Arjuna UGM mentargetkan jadi juara nasional pada tahun ini.

 “Kalau tahun lalu kami juara pertama untuk kategori kecepatan, maka tahun ini kami mentargetkan juara nasional,” ungkap ketua tim Arjuna UGM, Fajar Sidiq Abdullah disela pemberangkatan tim di Balairung UGM, Rabu (11/11).

Menurut Fajar, membuat mobil baru, tim tersebut melakukan sejumlah perubahan. Digawangi 21 mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Elektronik Instrumentasi, mereka membuat sejumlah inovasi baru.

Diantaranya me-reset baterei mobil dan kontroler. Selain itu mengubah mekanisme mobol untuk lebih mereduksi berat mobil. Konstruksi rangka mobil dibuat seperti mobil formula agar keamanan pengemudi serta kestabilan mobil tetap terjaga saat melaju.

“Dengan berbagai inovasi yang kami lakukan ini maka manuver mobil kami akan lebih bagus. Kalau kecepatan mobil listrik tahun lalu baru mencapai 50 km per jam, maka mobil terbaru kami tahun ini bisa mencapai kecepatan 65 km per jam,” jelasnya.

Mobil listrik generasi keempat tersebut telah disiapkan sejak delapan bulan terakhir. Biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan mobil mencapai Rp 60 juta.

Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 40 juta. Kenaikan budget lebih difokuskan pada riset dari pembuatan mobil listrik yang nantinya akan dijadikan jurnal-jurnal.

Selain merakit mobil listrik, tim tersebut juga membuat data logger untuk mendukung riset. Data-data tersebut terkait ampere, voltage dan watt hour.

“Data-data itu bisa disimpan untuk dikembangkan jadi riset berkelanjutan di data logger,” ujarnya.

KMLI merupakan kompetisi rutin yang digelar setiap tahun. Kompetisi ini dimaksudkan untuk menarik minat mahasiswa dalam pengembangan inovasi mobil listrik.

Sebanyak 24 tim dari berbagai perguruan tinggi (PT) ikut kompetisi tahun ini. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu sebanyakl 23 tim.

Bila target juara nasional bisa diraih, tim Arjuna berharap bisa ikut kompetisi di tingkat internasional tahun depan dalam Formula Student Electric di Australia. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.