Berita Nasional Terpercaya

?XL Axiata – Bank Mandiri ?Wujudkan??Branchless Banking?

0

 XL Axiata – Bank Mandiri  Wujudkan  Branchless Banking 

                 JOGJA –   Sebagai komitmen   mewujudkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan juga branchless banking  (layanan perbankan tanpa kantor),   XL Axiata Central Region bersama Bank Mandiri Region VII/Jawa 2 (Jawa Tengah-DIY)   menandatangani  kerja sama layanan business to business (B to B). Penandatangan kerjasama   oleh Vice President  XL Axiata Central Region, Bambang Parikesit dan Regional CEO Region VII/Jawa 2 Bank Mandiri,  Jacob J  Maitimu, di Yogyakarta, Jumat (30/10) di Hotel Grand Aston Yogyakarta.

?Kerjasama  menyangkut penerapan sistem Mandiri Supply Chain (MSC), penyediaan sarana telekomunikasi untuk karyawan Bank Mandiri, serta penerapan Branchless Banking  di Retail Outlet (RO) XL.  Kamicberharap kerjasama ini akan menguntungkan bagi kedua pihak, XL dan Bank Mandiri. Kami sama-sama memiliki keahlian yang bisa saling kami manfaatkan untuk meningkatkan kinerja. Kita pun tahu, ke depan transaksi perbankan juga akan semakin digital, di mana pembayaran secara tunai akan semakin berkurang. Di sinilah banyak titik temu di antara kami yang bisa terus kita kembangkan di masa mendatang,?  papar Vice President  XL Axiata Central Region, Bambang Parikesit.

Disebutkan penerapan sistem Mandiri Supply Chain (MSC) akan sangat mempermudah Dealer dan Retail Outlet (RO) XL dalam melakukan transaksi secara cepat dan aman. Sementara itu, untuk kerjasama penyediaan sarana telekomunikasi, karyawan Bank Mandiri Region VII/Jawa 2 (Jateng dan DI Yogyakarta) akan menjadi  pelanggan XL. Sedangkan untuk Retail Outlet (RO) XL, Bank Mandiri akan menggarapnya menjadi agent Branchless Banking. Penerapan sistem MSC menurutnya akan sangat mempermudah dealer dan RO XL dalam melakukan transaksi secara cepat dan aman.

?Penerapan MSC sebenarnya sudah berjalan sejak setahun terakhir untuk dua dealer kami di Jogja. Mereka bisa dengan mudah mendapatkan deposit atau top up pulsa dalam 24 jam tanpa harus menunggu datangnya tim kanvaser XL seperti pada sistem konvensional. Jadi, tidak akan ada lagi istilah out of stock dari deposit pulsanya,? kata Bambang menyebutkan nilai nominal transaksi melalui sistem MSC sejauh ini cukup besar. Dari paparan pemilik dealer, omzet transaksi rata-rata per bulan sanggup mencapai Rp7 miliar.

Di wilayah DIY saat ini ada sekitar 120 retail outlet XL yang sudah bergabung dalam sistem tersebut. Ke depan, layanan serupa akan diperluas ke seluruh wilayah Jateng-DIY dan menambah jumlah retail outlet yang menggunakan.  ?Langkah ini menjadi bagian dari dukungan XL terhadap keberlangsungan bisnis para mitra dealer dan ritel outletnya dengan diversifikasi usaha. Disadari kecil kemungkinan para retailer bisa bertahan hanya dengan bisnis pulsa.  Mereka harus mengembangkan diri ke sektor layanan lain semisal data, listrik, hingga produk keuangan dan perbankan,? ujarnya.

Sedangkan Regional CEO Region VII/Jawa 2 Bank Mandiri, Jacob J. Maitimu menyebutkan sinergi perbankan dan operator merupakan upaya mendukung program pemerintah untuk mewujudkan less cash society yang juga sesuai dengan visi  XL Axiata dalam mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia.  ?Kedepan   Bank Mandiri juga akan memberi pelatihan tentang layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) kepada Dealer dan Retail Outlet XL,? jelasnya.

Pelatihan tersebut antara lain menyangkut proses pendaftaran hingga bagaimana melakukan transaksi dasar seperti menyetor, menarik dan transfer uang. ?Kerjasama antara bank dengan operator telekomunikasi diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam implementasi layanan keuangan digital. Jaringan distribusi operator telekomunikasi dapat mendukung layanan keagenan perbankan (agent banking),? paparnya.

Bank Mandiri juga akan menyediakan pembiayaan terhadap Dealer, Retail Outlet (RO) maupun Server Player sehingga bisa meningkatkan omset bisnis khususnya product XL. ?Selain itu penggunaan rekening Bank Mandiri sebagai Direct Operational  Account (DOA) untuk Dealer XL, yang memungkinkan proses end to end dari pembayaran belanja pulsa  Retail Outlet-Dealer XL yang terintegrasi. Kerjasamana ini juga menawarkan penukaran mandiri Fiestapoin (Fp) di XL Center area Jateng dan DIY ,? jelasnya. (vin)

 

JUVINTARTO/HARIAN BERNAS

BRANCHLESS BANKING   —   Regional Wholesale Head Regional Bambang Sad, Regional CEO Regional  VII/Jawa2 Jacob J Maitimo, VP XL Central Region Bambang Parikesit dan GM Sales Operation XL central Java And DI Yogyakarta Deddy Fahmi Priautama dan Consumer Banking Head Region VII / Jawa 2 Rudi As Aturridha saat penandatanganan Kerjasama XL dan Bank Mandiri di Jogjakarta (30/10)

Leave A Reply

Your email address will not be published.