Berita Nasional Terpercaya

Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Diponegoro

0

YOGYAKARTA, HarianBernas.com – ?Gelora Nasionalisme dalam Nilai-Nilai Spiritual? menjadi tema perayaan 230 tahun Pangeran Diponegoro yang dirayakan pada 11 November 2015 malam. Perayaan yang disponsori oleh Harian Bernas, Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patra Padi), STIEBBANK, Medialink, AMA, Hebat Group, Prestasi Indonesia, Bebek Tepi Sawah, dan Cowmad tersebut, mengambil tempat di nDalem Tegalrejo, Jalan HOS Cokroaminoto, Yogyakarta.

Pangeran Diponegoro yang memiliki nama kecil Raden Mas Onto Wiryo ini merupakan putra pertama Sultan Hamengkubuwono III. Ia lahir dari seorang selir. Pangeran yang lahir pada 11 November 1785 ini, memiliki semangat nasionalisme yang tinggi.

?Meski bukan seorang raja, Pangeran Diponegoro sangat memperhatikan rakyatnya. Itulah sebabnya pada perang Diponegoro, seluruh rakyat Yogyakarta mendukung. Bahkan perang Diponegoro pada tahun 1825-1830, menyebabkan kerugian yang sangat besar terhadap pemerintah Hindia Belanda. Kerugian dari perang tersebut tidak hanya berupa materi namun juga memakan korban pasukan yang sangat besar. Akibat perang Diponegoro, Belgia berhasil membebaskan diri dari penjajahan Hindia Belanda,? demikian ungkap Roni Sodewo, keturunan ketujuh dari pangeran Diponegoro yang sekaligus Ketua Patra Padi.

Putu Putrayasa, Pemimpin Umum Harian Bernas, mengungkapkan kurangnya semangat nasionalisme generasi muda saat ini. Hal ini dikarenakan kurangnya publikasi tentang tokoh-tokoh nasional kepada anak-anak. Untuk itu, ia bertekad untuk memperkenalkan Pangeran Diponegoro secara lebih mendalam supaya keteladanan dan semangat sang pangeran dapat tertanam dalam jiwa generasi muda Indonesia. 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.