Berita Nasional Terpercaya

ICCTF Danai Prongram Mangrove Pesisir Deli Serdang

0

MEDAN,HarianBernas.com–Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) mewaspadai percepatan pembangunan di pesisir Deli Serdang. Tanpa perhatian banyak pihak, dikhawatirkan pembangunan kawasan segitiga ekonomi ini, akan mengorbankan keseimbangan ekosistem yang merugikan aspek lingkungan.

Untuk itu, ICCTF mendanai program Pengembangan Mangrove untuk Ketahanan Ekologi Ekonomi Masyarakat Pesisir di Desa Percut di pesisir Deli Serdang yang dikelola organisasi masyarakat sipil Pilar Indonesia.

Program ini sudah berjalan sejak Juli, dan biasanya berjalan satu tahun.

?Kami mendanai Rp 500 juta untuk setiap satu program, begitu pula di Desa Percut,? ujar Direktur Eksekutif ICCTF Erwin Widodo, Jumat (13/11).

Hutan mangrove selama ini dikenal efektif sebagai ekosistem pelindung di antara darat dan laut. Untuk itu, kecepatan pertumbuhan ekonomi harus diimbangi dengan menjaga ekosistem mangrove, agar tidak membahayakan ekologi.

?Program ini dilakukan bertahap. Kita terus berusaha mengembalikan kondisi hutan mangrovenya seperti yang seharusnya. Kami juga terus mendorong dan mempersiapkan SDM yakni warga local yang paling berkepentingan dengan ekologi disini,? ujar dia.

Disisi lain, pengembangan hutan mangrove mulai membuat warga setempat tergerak. Ini setelah mereka mulai merasakan dampak positif dari pengembangan hutan mangrove.

Salah seorang warga, Ahmad Sayuti (39) awalnya bertani bibit mangrove hanya karena bentuk kepedulian lingkungan.

?Tapi sejak 3 tahun lalu, saya merasakan aktivitas pembibitan mangrove ternyata memberikan hasil lebih baik ketimbang sebagai nelayan. Perbulan saya bisa dapat Rp 10-Rp 15 juta,? katanya mengakui.

Dilihat dari peta Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) 2014, Indonesia memiliki luasan hutan mangrove 3,3 juta ha. Hutan ini mudah ditemukan disepanjang pantai pesisir berlumpur di pesisir timur Sumatera, pesisir Kalimantan, pesisir utara Jawa, pesisir laut Sulawesi, dan pesisir selatan Papua.(Ant)

Leave A Reply

Your email address will not be published.