Berita Nasional Terpercaya

Sugeng Si Pembuat Kaki Palsu, Kelinci Percobaannya Diri Sendiri

0

MOJOKERTO, HarianBernas.com – ?Kakiku lumpuh??

?Aku tidak dapat bergerak sekarang..?

?Ohh Tuhan.. mengapa kelumpuhan ini harus kualami?

?Aku tidak bisa melakukan apa-apa sekarang.?

Mungkin anda pernah melihat teman, keluarga atau mungkin seseorang yang tidak anda kenal memiliki  kaki yang lumpuh?

Apa yang anda pikirkan saat itu?

Pernahkah anda berpikir bagaimana jika kondisi itu menimpa anda?

Mungkin ada baiknya kamu membaca kisah inspiratif berikut, tentang seorang pria yang hanya mempunyai sepotong kaki, namun justru dengan itulah ia bisa berkarya dan bmenjadi orang sukses sekaligus menginspirasi berkat karyanya itu.

Pria ini bernama lengkap Sugeng Siswoyudhono. Pria yang lahir 46 tahun silam dan berasal Mojokerto, Jawa Timur, ini mengalami kecelakaan motor pada tahun 1981. Kecelakaan tersebut membuat kaki kanannya, mulai dari bawah lutut, harus diamputasi. Padahal pada saat itu Sugeng masih duduk di bangku SMA. Malang sekali.  Apakah dia merasa frustrasi saat hal itu menimpanya? Benar. Akibat kecelakaan itu, Sugeng merasa kehilangan semua impian dan rasa percaya dirinya. Lalu apa yang bisa dilakukan Sugeng?

Ia mengalami hilang harapan serta rasa tidak percaya diri. Orangtuanya terus berusaha menegarkan Sugeng pada saat itu. Suatu ketika, sang ayah membuatkan kaki palsu untuknya. Berkat dorongan semangat  dari orangtuanya, perlahan Sugeng pun bisa menerima keadaannya. Setelah tamat SMA, Sugeng bekerja sebagai pengantar susu. Ia berjalan menggunakan kaki palsu yang dibuat oleh ayahnya sendiri.

 Setelah menikah dan punya anak, Sugeng bekerja di konstruksi bangunan. Karena pekerjaan yang sangat berat itu, kaki palsu Sugeng rusak. Harga kaki palsu pada saat itu adalah 10 Juta. Ia tak mampu membelinya.

Akhirnya Sugeng berusaha untuk membuat kaki palsu sendiri dengan kayu dan besi. Kegagalan demi kegagalan dialaminya. Kaki palsu buatannya tidak nyaman dipakai dan menimbulkan rasa sakit. Meskipun begitu, Sugeng tidak pernah putus asa, terus belajar dan berkreasi membuat kaki palsu sendiri. Sugeng lalu mencoba kembali berkreasi membuat kaki palsu dari bahan fiberglass dan ternyata kaki palsu itu ringan dan nyaman dipakai.

Dengan kaki palsu buatannya itu, ia bisa mengendarai sepeda. Lalu dia pun memulai usaha pembuatan kaki palsu dengan harga murah untuk menolong para penderita tunadaksa lainnya. Dan tanpa disangka-sangka, setelah Sugeng diundang ke acara Kick Andy, peminat kaki palsu buatan Sugeng semakin meningkat. Apalagi setelah ada program Gerakan 1000 kaki palsu yang dicanangkan pemerintah untuk membantu para tunadaksa yang tidak mampu.

Akhirnya Sugeng berusaha membuat lebih banyak kaki palsu lagi demi menolong penderita tunadaksa lainnya. Siapa sangka, berkat hasil karyanya itu, Penghasilan Sugeng semakin meningkat bahkan saat ini dia punya beberapa karyawan yang bekerja di perusahaan pembuatan kaki palsunya. Dengan keberhasilan Sugeng mengatasi keterbatasan dirinya dan mampu berkreasi dengan segala keterbatasannya kini kehidupannya beserta keluarganya secara finansial berkecukupan.

Sugeng mempunyai sebuah moto yang sangat menarik, ?Jangan takut dan khawatir dengan kehidupanmu”. dia pun berkata bahwa “Hanya orang tolol yang menyerah pada kekurangan fisiknya?.

Luar biasa sekali bukan? Semoga bisa menginspirasi kalian semua yang membacanya.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.