Berita Nasional Terpercaya

Sepenggal Kisah Inspirasi dari Harvard University

0

Pernahkah Anda mendengar kisah tentang seorang gadis tunawisma yang berasal dari keluarga miskin, dengan orang tua yang broken home,  tetapi gadis ini justru mampu kuliah di universitas terbaik di dunia.

University of Harvard adalah salah satu universitas terbaik yang ada di dunia. Seorang yang memiliki dana besar dengan nilai tinggi di atas rata-rata lah yang diakui bisa berkuliah di Harvard? Apa betul demikian?

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena cukup banyak orang-orang yang datang dari kalangan kurang mampu bisa menempuh pendidikan di Harvard dengan menggunakan jalur beasiswa. Salah satunya adalah Liz Murray, seorang gadis kelahiran 23 September 1980 di New York, Amerika.

Melihat latar belakang Liz Murray, banyak orang yang tidak akan menyangka bahwa ia mampu kuliah di Harvard University yang terkenal itu. Ia lahir di lingkungan yang terkenal keras, Bronx, New York. Selain ekonomi keluarga yang miskin, orang tuanya juga mengidap HIV dan pecandu obat-obatan terlarang. Saat Liz Murray berusia 15 tahun, ibunya meninggal dunia karena infeksi penyakit AIDS. Setelah ibunya meninggal, keluarganya tidak punya tempat tinggal dan mereka menjadi gelandangan.

Baca juga: Inilah 10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Berbagai Profesi

Kehidupan Liz Murray perlahan menjadi lebih baik saat ia mengunjungi  Humanities Preparatory Academy di Chelsea, Manhattan. Walaupun terlambat memulai sekolah menengah atas, hidup di keluarga yang tidak memiliki tempat tinggal yang tetap, dan harus menanggung dirinya sendiri dan saudara perempuannya, Liz mampu menyelesaikan pendidikan SMA hanya dalam waktu dua tahun.

Atas prestasinya tersebut, New York Times memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Harvard University di musim gugur tahun 2000. Sewaktu menempuh kuliah di Harvard, dengan terpaksa ia harus menghentikan pendidikannya karena sang ayah sedang membutuhkan perawatan. Ia meneruskan kuliah di Columbia University agar lebih dekat dengan sang ayah yang akhirnya meninggal dunia karena AIDS di tahun 2006.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

Pada bulan Mei tahun 2008, Liz kembali berkuliah di Harvard dan ia berhasil lulus dan mendapatkan gelar di bidang Psikologi pada bulan Juni 2009. Kisah Liz Murray sempat diangkat menjadi sebuah film yang disiarkan di Televisi berjudul Homeless to Harvard: The Liz Murray Story, yang dirilis di tahun 2003.

Kisah Liz Murray memberi kita inspirasi bahwa jangan jadikan kekurangan kita menjadi alasan untuk tidak menjadi orang yang sukses. Liz Murray sudah membuktikan bahwa ia bisa sukses walaupun tumbuh di tengah keluarga dengan ekonomi sangat kekurangan, ditambah lagi harus menjalani hidup dengan kedua orang tua pecandu obat-obatan terlarang dan terinfeksi HIV. Pantang menyerah adalah salah satu kunci sukses seorang Liz Murray yang akhirnya berhasil meraih gelar di salah satu universitas ternama dunia, Harvard University.

Luar biasa sekali bukan? Kamu ingin sepertinya?

Baca juga: Daftar Kampus Jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.