Berita Nasional Terpercaya

Gadis Buta Yang Mahir Bersepeda, Bermain Bola, dan Meluncur di Papan Roda

0

?Anda suka bermain bola??

?Anda suka bermain baske?t?

?Anda suka bermain bola volley?

Apa hobi anda saat ini?

Pernahkah anda mengetahui, bahwa ada seorang gadis remaja memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam berolah-raga meskipun kondisi kedua matanya buta.

Ben Underwood adalah seorang gadis kelahiran 26 Januari 1992 di California. Dia merupakan remaja yang luar biasa dengan hobi bermain skateboard, naik sepeda, bermain sepak bola, dan bola basket.

Hobi yang biasa, bukan?Ya, untuk sebagian besar remaja California 14 tahun itu.

Namun, apa yang membuat Underwood luar biasa? Kegiatan tersebut dilakukan oleh seorang bocah buta. Ya, Underwood dengan terpaksa harus kehilangan kedua bola matanya setelah didiagnosa menderita kanker retina pada usia dua tahun. Untuk kebanyakan orang, biasanya akan takjub setelah pertemuan dengannya. Dia tampak benar-benar tidak terpengaruh oleh gangguan penglihatan. Ia menunjukkan bahwa kebutaan bukan suatu penghalang.

Lalu, bagaimana dia melakukannya? Jawabannya adalah ekolokasi: navigasi sonar teknik yang digunakan oleh kelelawar, lumba-lumba, beberapa mamalia  lainnya dan beberapa burung.

Ketika Underwood bergerak, dia biasa membuat suara ?klik? dengan lidahnya. Suara tersebut memantul di lingkungan tersebut dan, dengan pantulan suara, ditambah dengan persepsi Underwood terhadap lingkungan sekitarnya, ia bisa mengenali lingkungannya dengan sangat baik. Bahkan, dia bisa membedakan antara drum dan tempat sampah, membedakan antara mobil yang diparkir dan truk, dan jika anda membawanya ke rumah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, Tdia akan memberitahu anda bahwa ia bisa ?melihat? tangga di sudut dan dapur yang lain.

Kanker menyebar ke otak dan tulang belakang Underwood. Akhirnya, dia meninggal pada Januari 2009 di usianya ke 16 tahun. Meskipun Underwood sudah tidak ada lagi di dunia ini, namun bukankah kisah inspiratif bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua dalam menjalani hidup?

Tidak ada halangan untuk berkarya bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.