Berita Nasional Terpercaya

SMA PL Van Lith Menangi “Ide Hebat Competition 2015”

0

EmbokPro, gagasan brilian dari SMA Pangudi Luhur Van Lith, Muntilan, berhasil memenangi Ide Hebat Competition 2015 yang diselenggarakan Harian Bernas bekerja sama dengan STIEBBANK, Grup Muncul, dan Hebat Group. Dalam final yang digelar di Kampus STIEBBANK Yogyakarta, Sabtu, 14 November 2015, mereka merebut perhatian dewan juri yang terdiri dari Rizal Kasim (new business development Pinasthika Creative Festival 2015), Nyoman Putra Artawa (pengusaha komputer dan properti), Naproni (Direktur AKMI Baturaja dan pengusaha properti di Sumatera), dan AA Kunto A (Pemimpin Redaksi HarianBernas.com).

Dalam presentasi di final kompetisi, mereka unggul dari Tim Pixel.id dari SMAN 4 Jayapura, Papua, dan Tim Semut dari SMKN 10 Surabaya. Menurut dewan juri, proposal ide bisnis mereka sangat berpotensi mengundang investor untuk memodali mengingat terobosan yang diciptakan sedang dibutuhkan pasar, menciptakan lapangan pekerjaan, dan mudah dikelola dengan teknologi digital yang sedang berkembang. 

Lomba yang diselenggarakan untuk siswa SMA dan sederajat ini diikuti 40 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Selain dari Yogyakarta dan beberapa kota di Jawa, tercatat ada pula peserta dari Samarinda, Kalimantan Timur. Antusiasme ini menggembirakan. Artinya, minat pelajar SMA dalam merancang dan mengeksekusi ide bisnis tinggi.

Terpilih dari delapan finalis yang presentasi, para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 10 juta (pemenang I), Rp 7,5 juta (pemenang II), dan Rp 5 juta (pemenang III) sebagai stimulus modal bisnis mereka. Sangat diharapkan baik pemenang maupun peserta lain merealisasikan ide bisnis mereka. Bagi yang belum menang disarankan memperbaiki proposal bisnisnya. Sedang untuk pemenang mendapatkan mentoring dari penyelenggara. Penyerahan hadiah disampaikan langsung kepada pemenang dalam acara “Gala Dinner 69 Tahun Harian Bernas dan 17 Tahun Hebat Group” di Hotel Sahid Rich Yogyakarta, Minggu (15/11) oleh CEO Hebat Group yang sekaligus Pemimpin Umum Harian Bernas. 

Dan mengingat ide bisnis yang mereka ajukan sangat rentan terhadap “pembajakan ide”, maka dewan juri menyarankan agar proposal mereka tidak terlebih dulu dipublikasikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.