Berita Nasional Terpercaya

Kejujuran Sekolah Bakal Jadi Pengukur UN

0

JOGJA,HarianBernas.com–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) menetapkan, integritas jadi salah satu penilaian penyelengaraan Ujian Nasional (UN) mulai tahun ini. Integritas diukur dari tingkat kejujuran siswa ataupun sekolah selama pelaksanaan ujian.

“Tahun ini ujian nasional juga mengukur integritas sekolah, tidak hanya untuk memetakan penilaian akademik,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud), Anies Baswedan.

Menurut Anies, integritas jadi salah satu tolok ukur penilaian UN karena dinilai merupakan kunci dari pengakuan pendidikan di level dunia. Sebab keberhasilan pendidikan satu negara tak melulu dinilai dari nilai akademik.

Karenanya Kemendikbud berupaya untuk meningkatkan integritas daerah dalam UN. Sehingga mereka tidak hanya berhasil meningkatkan kualitas pendidikan dari sisi akademik.

Penilaian integritas UN akan keluar dalam bentuk matriks. Sumbu X akan menandakan penilaian integritas, sedangkan sumbu Y menandakan penilaian capaian nilai akademik.

Selama ini UN digulirkan untuk memetakan kualitas pendidikan satu daerah dengan daerah lain. Kemendikbud menggunakan hasil pemetaan tersebut untuk membuat kebijakan pendidikan di masing-masing daerah dalam rangka perbaikan.

“Jadi saya pesan ke sekolah untuk mensosialisasikan integritas jadi nilai baru yang diukur dalam ujian nasional. Jangan sampai satu daerah sumbu Y berbanding terbalik dengan sumbu X,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.