Berita Nasional Terpercaya

DIY Dukung Integritas Jadi Pengukur UN

0

JOGJA,HarianBernas.com–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menyambut baik kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) yang menggunakan integritas sebagai salah satu penilaian Ujian Nasional (UN) mulai tahun ini. Sebab integritasdinilai penting bagi pengembangan kualitas dunia pendidikan di satu negara.
“Kami menyambut gembira karena kalau UN tidak dilaksanakan dengan integritas kan tidak bisa dipakai untuk pemetaan,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (kadisdikpora) DIY, Baskara Aji, Senin (16/11).
Menurut Aji, integritas sekolah diukur dari tingkat kejujuran siswa ataupun sekolah selama pelaksanaan ujian akan jadi kunci keberhasilan pendidikan di Indonesia. Tanpa ada penilaian integritas, dikhawatirkan tingginya nilai UN bisa jadi tidak dibarengi dengan tingkat kejujuran sekolah atau daerah.
Banyaknya kasus kecurangan UN yang ditemukan di berbagai daerah jadi alasan kuat integritas harus digunakan untuk mengukur keberhasilan UN.
Selama ini DIY terus berusaha menjunjung tinggi integritas dalam UN. Meski tidak meraih nilai terbaik dalam UN di tingkat nasional, integritas DIY selalu selalu jadi yang terbaik.
“Saya ingin mengajarkan pada anak-anak untuk mengedepankan kejujuran, termasuk dalam UN. Ini sebagai bentuk nyata pendidikan karakter pada generasi muda,” jelasnya.
Sesuai kebijakan kemendikbud, penilaian integritas UN akan keluar dalam bentuk matriks. Sumbu X akan menandakan penilaian integritas, sedangkan sumbu Y menandakan penilaian capaian nilai akademik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.