Berita Nasional Terpercaya

Seru! Kopdar Pertama Penulis Buku Indonesia di Jakarta

0

Seru! Lebih dari 100 penulis berhimpun dalam kopi darat (kopdar)penulis Indonesia di Kampus IPMI International Business School, Jakarta, Selasa (17/11). Mereka adalah penulis buku dan motivator yang datang dari berbagai kota seperti Bandung, Yogyakarta, Semarang, Bali, Gorontalo, selain Jakarta sendiri.

Ini adalah kopdar pertama setelah mereka berhimpun di grup BBM dan WA, yang dikelola oleh Timoteus Talip, Frans Budi, dan Naomi Susan. Karena sudah sering berkomunikasi lewat online, begitu bertemu mereka larut dalam keakraban. Begitu bertemu, mereka saling bertukar buku karangan masing-masing. Jadilah kopdar ini bertabur buku.

Baca juga: Mengenal Teks Berita, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Penulisannya

Ada banyak hal yang diperbincangkan dalam kopdar ini. Mulai dari semangat untuk terus belajar, semangat mewariskan sesuatu kepada anak-cucu, menjadikan penulis milyuner, membuat buku yang bisa difilmkan, mengadakan program talkshow di televisi dan radio, hingga mengusulkan “hari menulis nasional”.
“Kalau ada Indonesia Mengajar, kenapa tidak kita bikin program Indonesia Menulis?” usul William Wiguna, salah satu penggagas acara ini.

Diskusi pun berkembang ke bagaimana menyelenggarakan event-event menulis di kota-kota di Indonesia. Pemimpin Umum Harian Bernas yang juga penulis buku Putu Putrayasa malah mengusulkan Yogyakarta sebagai “kota penulis dunia”, kota yang tiada hari tanpa aktivitas menulis dan pelatihan menulis. Gagasan bersambut dengan menghadirkan tokoh-tokoh penulis dunia.

Di akhir kopdar didiskusikan tentang kelanjutan komunitas ini. Sementara, nama komunitas disepakati ASPIRASI (Asosiasi Penulis & Inspirator Indonesia), sampai dengan nanti terbentuk kepengurusan yang definitif.

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah Kalimat Penjelasan, Benarkah? Ini Pengertian dan Ciri-cirinya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.