Berita Nasional Terpercaya

Tak Aman, Laga Belgia vs Spanyol Batal

0

LONDON, HarianBernas.com —Karena trauma dengan aksi teroris di Paris, Perancis, Jumat lalu, laga persahabatan Belgia melawan Spanyol yang sedianya berlangsun Rabu ini, dibatalkan. Sementara pertadingan persahabatan antara Perancis melawan Inggris, Rabu dinihari, tetap digelar dalam pengawalan yang super ketat.

Aparat keamanan dengan senjata lengkap berpatroli di Stadion Wembley, di mana para penggemar Inggris mendesak untuk menyanyikan lagu kebangsaan Perancis sebagai bentuk solidaritas terhadap 129 korban yang terbunuh di Paris, Perancis, Jumat (13/11) malam lalu.

Dengan meningkatnya ancaman teroris di negara itu menuju level parah, pertandingan persahabatan antara Belgia melawan Spanyol di Brussel dibatalkan oleh aparat keamanan. Dari hasil konsultasi dengan pihak berwenang yang berkompeten dan tim nasional Spanyol, Asosiasi Sepak Bola Belgia memutuskan untuk membatalkan pertandingan tersebut.

Menurut Asosiasi Sepak Bola Belgia, Selasa (17/11), pihaknya menyesalkan pembatakan laga tersebut. “Dalam situasi tertentu kami tidak dapat mengambil resiko apapun terkait urusan keamanan pemain dan penggemar,” kata aparat keamanan.

Pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque mengaku sebagian dari mereka ingin memainkan laga tersebut. Namun, ia memahami keputusan pihak keamanan yang membatalkan laga tersebut. Sementara Pelatih timnas Jerman Joachim Loew mengatakan, pertandingan persahabatan melawan Belanda di Hanover akan dimainkan “sebagai simbol kebebasan.”

Seperti diketahui, aksi teroris di Paris Jumat lalu terjadi saat Jerman sedang bertanding melawan Perancis di Stade de France Paris. Saat itu tiga pengebom bunuh diri meledakkan diri di luar stadion sebagai bagian dari serangan yang terjadi di seantero kota, yang membuat 350 orang terluka.

Menurut Kapten Jerman Bastian Schweinsteiger, serangan-serangan itu membuat dirinya “tidak dapat berkata-kata.” Sementara pelatih Jerman Joachim Loew mengatakan, pihak harus melewati keterkejutan dan rasa cemas. Namun pihaknya kembali membicarakan pada Minggu dan sudah jelas bahwa pertandingan harus tetap dilangsungkan. Sedangkan pelatih timnas Belanda Danny Blind mengatakan, pertandingan ini bukan mengenai susunan tim atau sistem-sistem, namun yang penting sekarang adalah kasih sayang dan persatuan.

Kanselir Jerman Angela Merkel akan menghadiri pertandingan bersama kabinetnya. Sementara di London, Perdana Menteri Britania David Cameron dan Pangeran William akan menjadi bagian dari 80.000 penonton di Wembley. Saat lagu-lagu kebangsaan ditayangkan di layar-layar raksasa di stadion di London dengan lirik lagu dari “La Marseillaise.”

Sepupu gelandang Perancis Lassana Diarra menjadi salah satu korban yang terbunuh, sedangkan saudara kandung perempuan dari penyerang Antoine Griezmann lolos dari penyerangan di ruang konser Bataclan yang menewaskan 89 orang. Dan    Pelatih Perancis Didier Deschamps memuji keputusan Diarra untuk tetap bersama tim meski faktanya gelandang Marseille itu “terluka sampai ke dalam tulang.”

Leave A Reply

Your email address will not be published.