Berita Nasional Terpercaya

BPJS Ketenagakerjaan Siapkan TRC

0

TRC BPJS Ketenagakerjaan Jogja, Siap Bergerak Cepat

JOGJA,HarianBernas.com–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Yogyakarta ingin maksimal melayani para pekerja informal. Sadar akan kendala para pekerja berupa keterbatasan waktu, BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan jurus khusus, yakni membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC).

?Tim ini siap bergerak cepat melayani para pekerja informal. Sehingga mereka lebih mudah dan nyaman mendapatkan layanan dari kami,? kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan DIY, Moch Triyono, Rabu (18/11).

Dikatakan, layanan tim khusus ini akan memudahkan kepada calon peserta terdaftar menjadi peserta saat itu juga (Fast Track). Layanan akan diberikan mulai pendaftaran awal maupun lanjutan kepada peserta bukan penerima upah (BPU) atau pekerja informal.

Dengan adanya tim ini, peserta BPU tidak lagi perlu datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Mereka tetap dapat beraktivitas seperti biasanya. Tim dari BPJS lah yang akan mendatangi, memberikan edukasi program dan layanan juga pendaftaran ditempat.

?Sehingga mereka memahami sepenuhnya hak dan kewajiban sebagai perta BPJS Ketenagakerjaan. Kita edukasi secara penuh manfaat program, sehingga ketika terjadi resiko sosial, mereka dan keluarganya sudah memahami cara dan prosedur pengurusan klaim,? kata Triyono.

Moch Triyono menjelaskan, program untuk pekerja sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) terdiri dari Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jamina Kematian (JKM) dan program Jaminan Hari Tua (JHT). Khusus JHT, kata Tri, bersifat opsional. Artinya, pekerja boleh ikut dan boleh tidak.

?Yang ingin memiliki tabungan, silakan ambil JHT,? katanya.

Saat ini, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan dari BPU terus meningkat. Total mencapai 30.000 an.

?Kami akan terus melakukan sosialisasi secara massif, sehingga hak seluruh pekerja baik yang formal ataupun informal mendapat jaminan sosial bisa terwujud maksimal,? kata Triyono.(warjono)

Leave A Reply

Your email address will not be published.