Berita Nasional Terpercaya

Kopdar Penulis di IPMI International Business School Menuai Protes!

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Di balik kesuksesan kopdar penulis yang diselenggarakan di Kampus IPMI International Business School, Jakarta, Selasa (17/11), ternyata banyak protes yang ditujukan kepadanya. Pertama, banyak penulis yang tidak bisa hadir karena jadwal yang tidak pas. “Lain kali jangan diadakan di hari kerja dong. Mesti cuti,” gugat Timoteus Talip, penulis 30-an buku, yang bekerja di sebuah bank nasional. Tentu gugatan Talip ini bersambut tawa karena dia sendiri panitia penyelenggara.

Baca juga: Translate Bahasa Jawa: Tingkatan (Kromo) dan Struktur Penulisan

Selama acara berlangsung, banyak peserta juga protes karena ada beberapa peserta yang datang bukan penulis. “Saya tahu, dia teman saya, belum menulis buku. Kok bisa datang?” sindir salah seorang peserta. Meredam suasana yang panas itu, Naomi Susan, pengarang buku Be Negative, menengahi, “Well… Paling tidak ada beberapa orang yang belum menulis buku akan menyebarkan berita baik tentang kopdar kita kemarin ke masyarakat luas.”

Protes senada datang dari Coach Ari Nugrahanto dari ActionCoach Indonesia, yang Desember nanti akan meluncurkan buku perdananya. “Saya mau datang nggak berani karena katanya kopdar hanya untuk yang sudah menulis buku,” gerutunya kepada Pemimpin Umum Harian Bernas yang juga penulis buku Desain Ulang Hidup Anda Putu Putrayasa, saat makan malam di tempat terpisah usai acara.

Tentang nama komunitas sendiri masih jadi perdebatan. Ada yang mengusulkan Aspirasi, Inspirasi, dan APPI. Ada yang bersikukuh membatasi komunitas hanya untuk mereka yang sudah menulis buku, ada yang mengizinkan masuknya simpatisan dan calon penulis buku, bahkan ada yang mendesakkan diperbolehkannya para pembicara, trainer, dan motivator boleh bergabung. Apa pun, protes dan perdebatan ini mencerminkan betapa hadirnya komunitas penulis disambut baik.

Baca juga: Mengenal Jenis Puisi Lama dan Puisi Baru serta Contohnya
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.