Berita Nasional Terpercaya

Meski Hanya Seorang Penyemir Sepatu, Aku Bisa Menjadi Pesepakbola Legendaris Dunia

0

 ?Semir.. Semir.. Semir sepatu mas,mbak,pak,bu??

?Dijamin kinclong dan wangi..?

Kamu pernah melihat seorang penyemir sepatu?

Kalo dilihat ? lihat bisa gak sih suatu saat nanti seorang tukang semir sepatu menjadi seseorang yang hebat dan terkenal? Menurut kamu bagaimana?

Kamu pernah tahu bahwa ada seseorang penyemir sepatu untuk pemain bola, namun kini penyemir sepatu tersebut menjadi pemain sepak bola legendaris? Siapa penyemir sepatu ini? Bagaimana kisahnya? Ayo simak kisahku.

Ada banyak ekspresi saat para pemain bola telah mencetak gol. Ada yang bergaya menggendong bayi, ada yang salto, ada pula yang berjoged. Namun satu hal yang diingat oleh para penikmat sepak bola  adalah gayaku pada saat menyemir sepatu  di setiap pertandingan sepak bola. Ini merupakan gaya khasku. Gaya ini bukanlah tanpa makna, sebelum menjadi pemain sepak bola dunia, dahulu aku pernah bekerja sebagai tukang semir sepatu. Maklum saja aku dibesarkan di keluarga miskin.

Akibat keterbatasan biaya, sekolahku hanya sampai kelas 4 SD. Namun dengan segala keterbatasan itu, aku tetap mensyukurinya.  Sejak kecil aku sangat senang bermain bola. Aku juga sering melihat pertandingan sepakbola disela sela  aku menyemirkan sepatu para pemain. Ayahku juga sering mengajakku untuk  bermain bola dan aku pun diajari ayahku bermain bola.

Disetiap waktu luangku, aku bekerja untuk menyemir sepatu  demi mendapatkan uang. Walaupun seorang penyemir sepatu, namun aku bisa dibilang memiliki bakat alami yang luar biasa dalam hal bermain sepak bola. Bukannya aku memuji diriku sendiri, pasalnya bakatku pertama kali ditemukan saat usiaku 11 tahun. Bakatku ditemukan oleh mantan pemain Brasil Waldemar de Brito. Ia membawaku ke kota  Sao Paolo. Ia meyakinkan tim Santos bahwa aku akan menjadi pemain besar nantinya. Dan di usiaku yang ke 15, aku mulai bermain di tim Santos. Aku menunjukkan permainan terbaikku setiap kali aku bermain sampai akhirnya aku dipanggil untuk memperkuat Timnas Brasil di Piala dunia 1958 di Swedia.

Di debut pertamaku di piala dunia itu, usiaku baru 17 tahun. Namun, ternyata aku berhasil mencetak 6 gol dan membawa timnas Brasil merebut juara piala dunia 1958. Karirku pun semakin berkembang. Bisa dibilang aku merupakan pemain yang membentuk permainan cantik timnas Brasil. Bersama timnas Brasil aku telah mengikuti 4 kali piala dunia yaitu di tahun 1958, 1962, 1966, dan 1970. Dari empat piala dunia yang kuikuti, 3 diantaranya aku berhasil membawa negeriku  menjuarai piala dunia yaitu di tahun 1958, 1962, dan 1970. Di piala dunia 1966 Brasil gagal lolos dan harus tersingkir di babak awal setelah Aku mengalami cidera di babak penyisihan akibat tekel ? telel keras yang diarahkan padaku waktu itu.

Kamu tahu? Aku telah menjadi pemain terbaik dunia saat itu. Setelah aku pensiun dari dunia sepak bola akupun menjadi duta PBB dan UNICEF. Aku telah membuktikan bahwa kemiskinan tidak menghalangi seseorang untuk meraih cita ? cita.

Ohh ia, aku belum memperkenalkan diri. Namaku Pele . Aku lahir pada 23 Oktober 1940 di kota Minas Gerais, Brasil.

Mungkin kamu sudah mengenaliku sebelumnya.

Apakah kamu ingin sepertiku? Jangan pernah malu untuk bekerja keras dan berlatih ya. Dan yang paling penting, lakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.