Berita Nasional Terpercaya

PT Berperan Atasi Kejahatan Dunia Maya

0

JOGJA,HarianJogja.com–Perkembangan teknologi yang kian maju juga diikuti dengan berbagai dinamika masyarakat. Hal tersebut juga menimbulkan dampak positif dan negatif, termasuk perkembangan dunia kriminalitas.

“Perguruan tinggi harus berperan mengatasi kejahatan dunia maya karena saat ini teknologi sering kali dipakai untuk media kejahatan atau criminal. Demikian seperti dikemukakan oleh Koordinator Kopertis Wilayah V Dr Bambang Supriyadi CES, DEA dalam sambutan pada acara  Seminar Nasional  IT, Ethics, Regulation And Cyber Law III yang diselenggarakan oleh LPPM  Bina Sarana Informatika (BSI) Yogyakarta yang berlangsung kemarin di @Home  Hotel Yogyakarta.

“Oleh karena itu semua pihak tetap harus mewaspadai perkembangan kejahatan tersebut, karena kejahatan teknologi yang ada saat ini tidak hanya pada hacker, semata tetapi sudah masuk kepada jenis yang lebih dalam lagi. Bahkan kepada sistem teknologi sehingga jika tidak waspada maka masyarakat awam akan dapat menjadi korban dari kejahatan yang berbasiskan teknologi tersebut,? paparnya.

Bambang juga berharap, PT mampu memberikan sumbangan yang berarti sehingga pemerintah melalui institusi penegak hokum mampu bekerja maksimal dalam mengantisipasi hal tersebut.

“Yang terpenting saat ini, pemerintah melalui aparat yang berwenang juga telah memiliki aturan yang jelas dan tegas tentang berbagai kemungkinan tindakan kejahatan yang dilakukan dengan berbasiskan teknologi canggih, sehingga berbagai bentuk kejahatan yang dilakukan di dunia maya tetaplah merupakan kejahtan yang memiliki sangsi hokum yang berlaku,? tegasnya.

Sementara Direktur BSI Indoensia Ir Naba Notoseputro, mengemukakan pihaknya tetap konsisten dalam memberikan informasi dan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat dengan bergandengan tangan kepada pihak terkait dalam rangka menangkal fan mencegah kejatahan yang berbasiskan teknologi canggih ini.

?Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) AMIK Bina Sarana Informatika (BSI) Yogyakarta mengadakahn seminar nasinoal IT, Ethics, Regulation And cyber law III dengan tema ? Kejahatan Multimedia di Media Sosial ?. Dimana seminar ini pada tahun sebelumnya juga telah diselenggarakan dua kali pada tahun 2013 dan 2014. Pada tahun 2015 ini  merupakan penyelenggaraan seminar yang ke tiga dengan topik yang sama dalam bidang  IT, ethic,  regulasi dan juga kejahatan cyber. Dalam penyelenggaraannya LPPM Bina Sarana Informatika Yogyakarta bekerjasama dengan POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta,?ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa Seminar yang diselenggarakan diikuti oleh kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari pelajar/mahasiswa, anggota kepolisian dari POLDA DIY dan juga dari peserta umum. Pada seminar kali ini menghadirkan Dr.Mochamad Wahyudi, MM., M.Kom., M.Pd., CEH., CHFI ( dosen BSI dan praktisi IT, tersertifikasi internasional di bidang hacking dan IT forensic dari EC Council USA ) dan juga AKBP Totok Suharyanto, S.ik, M.hum ( Wadir reskrimsus POLDA DIY ) sebagai pembicara.

 ?Dengan diadakannya seminar ini diharapkan nantinya masyarakat luas dan juga para peserta pada khususnya dapat lebih mengerti dan memahami akan bahaya kejahatan multimedia yang ada di media sosial, sehingga dapat terhindar dari kejahatan tersebut? kata Bambang Eka Purnama., M.Kom selaku ketua pelaksana. Selain itu, kedepannya juga diharapkan acara ini dapat terus terselenggara guna memberikan pembelajaran dan pendidikan kepada khalayak luas khususnya para pengguna internet aktif yang ada di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.