Berita Nasional Terpercaya

Akik Turun Pamor, Penggemar Tak Mau Kendor

0

JOGJA, HarianBernas.com ? Beberapa waktu ini, batu akik turun pamor. Pameran dan bazaar batu akik yang tadinya sambung menyambung tiada henti, kini mandek. Namun, penggemar batu akik di Jogja tak mau kendor. Para pecinta akik yang bergabung dalam wadah Asosiasi Penyelenggara Penggemar, Pedagang dan Perajin Batu Akik  Yogyakarta (AP3Y) dan Komunitas Batu Gambar Jogja (Kobagjo) menyelenggarakan pameran dan bursa batu akik di Jalan Margo Utomo Jogja hingga 20 November mendatang.

Menurut Ketua Panita Pameran, Hendri Mulya Wardana, pameran untuk menggairahkan kembali jagat perakikan yang akhir-akhir ini mulai sepi. Agar gaung pameran tak berlalu begitu saja, para peserta pameran dan bursa sepakat menampilkan jenis batu gambar dan batu mulia yang berkualitas. Harapannya, pengunjung, terutama penggemar dan kolektor pemula, paham batu mulia maupun batu gambar yang berkualitas.

?Enggak sekadar ikut arus booming seperti kemarin, sehingga bisa tertipu dengan batu buatan atau batu sintetis. Kelihatannya indah, tapi ternyata sintetis. Penggemar yang belum tahu betul, harus diberi pemahaman,? tuturnya.

Hendri mengatakan, peserta pameran juga tak akan segan-segan mengungkap trik-trik memilih batu asli. Jika perlu, pengunjung yang ingin membeli batu akik di arena pameran dan bursa, bisa minta jaminan keaslian batu dari pedagangnya.

 ?Pameran kali ini mengangkat jenis batu mulia dan batu gambar yang berkualitas. Jika kemarin penggemar hanya lihat keindahan batu, sekarang harus diberi pemahaman sekaligus jaminan keaslian batu yang akan dibeli,? tambahnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.