Berita Nasional Terpercaya

Penyalahguna Narkoba 5,9 Juta

0

JOGJA, HarianBernas.com — Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Polisi Budi Waseso  mengatakan, peningkatan jumlah pecandu narkoba di Indonesia luar biasa besar. Dalam lima bulan terakhir, jumlah pecandu narkoba meningkat 1,5 juta orang, dari 4,2 juta orang menjadi 5,9 juta orang.

Saat membuka seminar bertajuk Workshop on Family Based Prevention of Drugs Abuse di kompleks Kantor Gubernur DIY di Kepatihan, Jogja, Budi Waseso menekankan, keluarga merupakan ujung tombak dalam menangkal bahaya narkoba. Ibu pegang peran paling besar, kemudian lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

?Narkoba sudah mengancam anak-anak hingga dewasa. Keluarga penting untuk mencegah jatuhnya lebih banyak korban,? tutur jenderal polisi yang populer dengan akronim Buwas itu.

Lonjakan jumlah pecandu narkoba, menurut Budi, mesti menjadi keprihatinan bersama. Pencegahan dan pemberantasan narkoba tak akan berhasil tanpa sinergi seluruh elemen bangsa. Mengingat pentingnya peran keluarga, upaya yang dilakukan BNN saat ini berbasis keluarga. Setelah cukup mantap, penanggulangan akan dilakukan berbasis pendidikan.

 ?Langkah ke depan kita harus mencari langkah-langkah seefektif mungkin untuk menangani pengguna narkoba ini,? ujar mantan Kabareskrim Mabes Polri itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.