Berita Nasional Terpercaya

Muhammadiyah Jadi Pencerah Bangsa

0

JOGJA,HarianBernas.com–Muhammadiyah dituntut untuk mampu menjadi bagian dari pencerahan bangsa. Diantaranya melalui pengembangan sekolah, universitas dan amal usahanya secara maksimal bagi Indonesia.

“Kiprah amal usaha dan dakwah Muhammadiyah dengan menghadirkan sekolah-sekolah, universitas, dan pelayanan sosial dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Indonesia secara nyata,” ungkap Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr Haedar Nashir dalam Pidato Milad Muhammadiyah ke-106 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (18/11) malam.

Menurut Haedar, Muhammadiyah juga berupaya memberikan pencerahan dan peradaban bangsa melalui sumber daya manusia (SDM) yang dinamis, maju, dan progresif. Sehingga mereka bisa beristiqamah dalam menjalankan misi dakwah dan tajdid dalam rangka menciptakan Indonesia berkemajuan.

Organisasi terbesar di Indonesia ini juga mempunyai pandangan Islam yang berkemajuan. gerakan Muhammadiyah untuk mencerahkan keadaban bangsa dan masuk ke dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam membangun keadaban bangsa yang lebih baik.

Untuk bisa terus bertahan, Muhammadiyah harus memiliki SDM yang cerdas, mempunyai nalar dan daya kritis yang kuat. Selain itu memiliki kekuatan dalam sistem organisasinya.

“Saat ini Muhammadiyah tumbuh menjadi organisasi yang mandiri. Di tangan sistem dan pengelolaan yang baik akan menciptakan organisasi yang baik pula,” tandasnya.

Sementara mantan ketua umum PP Muhammadiyah, Amien Rais mengungkapkan, Muhammadiyah harus mampu berperan meningkatkan dakwah mencerahkan keadaban bangsa. Sebab ketakberadaban sudah mewarnai ruang publik tanah air pada saat ini.

Sebut saja relasi sosial yang seringkali diwarnai tindakan rasis, diskriminasi, dan kekerasan. Bahkan orang bis dengan mudah melenyapkan nyawa sesama tanpa perikemanusiaan.

“Saat ini nilai-nilai kasih sayang, persaudaraan, dan sopan santun di masyarakat mengalami penurunan,” ungkapnya.

Amien berharap Muhammadiyah mampu meningkatkan perannya untuk bisa mencerahkan keadaban bangsa. Diantaranya melalui peran kader Muhammadiyah yang mempunyai kepedulian akan kondisi Indonesia.

“Diharapkan Muhammadiyah tetap teguh dan mempertajam spirit, pikiran, dan suasana Islam yang berkemajuan,” imbuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.