Berita Nasional Terpercaya

Sedekah Membuat Pria Ini Tambah Kaya

0

JAKARTA, HarianBernas.com – “Sering sedekah membuat miskin? Kata siapa?”

Mungkin bisa kita ingat kata-kata ini. Tidak Akan Miskin Seseorang Hanya Karena Bersedekah. Itulah falsafah yang dipegang oleh Heppy Trenggono. Tokoh pengusaha kelapa sawit yang lahir pada 20 April 1967 di desa Bawang kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Perusahaannya bernama United Balimuda Group. Kebun kelapa sawitnya berada di Wilayah Sumatera dan juga kalimantan, di mana total luas pekebunannya mencapai 80.000 Ha.

Wow kan?

Selain kelapa sawit, ia juga berbisnis alat-alat berat serta industri makanan. Ayahnya adalah seorang PNS dan ibunya seorang pedagang. Saat berusia 7 tahun, Ibunya meninggal dunia. Ketika masih hidup, ibunya sering berjualan di pasar dan juga di toko. Heppy sering membantu ibunya berjualan.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Ia belajar di SD Negeri Bawang di kabupaten Batang, SMP negeri Bawang, dan  SMA negeri 1 Pekalongan. Setelah lulus SMA, ia kemudian memilih jurusan Informatika di Universitas Gunadarma dan memperoleh gelar Master di Universitas Indonesia. Setamat kuliah, ia kemudian berkarir di beberapa perusahaan besar, seperti  United Tractor,  Indomobil dan bahkan Stasiun Televisi LaTivi yang sekarang berubah menjadi TVOne.

Banyaknya pengalaman yang didapat, menjadikan Heppy Trenggono berani untuk memilih berhenti dari pekerjaannya saat itu. Ia ingin tantangan yang baru dan kemudian memutuskan menjadi pengusaha dan mendirikan perusahaan PT Balimuda Persada. Sebenarnya, perusahaan ini sudah ia dirikan ketika masih bekerja di stasiun televisi, namun karena ingin fokus ke perusahaannya tersebut, ia memilih keluar dari perusahaan televisi tersebut dan fokus ke perusahaanya.

Saat itu, ia memiliki banyak hutang di bank yang belum sanggup ia lunasi. Namun, bukannya melunasi utangnya di bank, ia malah menyumbangkan sebagian tabungannya kepada fakir miskin atau kepada yang lebih membutuhkan di mana saat itu ia berpikir, bahwa dari hal tersebut ia bisa memperoleh manfaat dan juga pengalaman hidup yang berarti. Tindakan yang dilakukan oleh Heppy kemudian membuat perpecahan di perusahaannya yang kemudian banyak karyawannya memilih untuk mundur.

Langkah pertama yang ia lakukan untuk memperbaiki bisnisnya yaitu mengubah arah bisnis perusahaan. Perusahaannya yang dulu bergerak di bidang Kontraktor kelapa sawit ia ubah menjadi broker untuk perusahaan-perusahaan yang ingin terjun dibisnis kelapa sawit. Sedikit demi sedikit usahanya kemudian mulai menampakkan hasil, ia juga sedikit demi sedikit mulai mempunyai kebun kelapa sawit dan makin besar. Selain itu, utangnya yang ada di Bank, ia lunasi hanya dalam tempo tiga tahun.

Hasilnya perusahaanya sekarang makin berkembang pesat. Bukan hanya fokus pada bisnis kelapa sawit, melainkan juga merambah pada bisnis alat berat dan industri makanan dengan mendirikan perusahaan bernama Heppyfoods. Bisnisnya sekrang bernilai 7 Trilyun rupiah dan tidak punya hutang sama sekali. Ia memiliki 12 anak perusahaan dan juga memiliki 3000 pegawai. 

Sampai sekarang, ia masih sering memberikan sarapan kepada para kaum dhuafa atau fakir miskin dirumahnya di Jl. Mampang Prapatan. Sebab ia percaya bahwa berbagi dengan sesama akan membawa manfaat yang berarti baginya. Tidak hanya itu di perusahaanya pun, ia menerapkan prinsip 'inspiring and giving the world'. Ia sering memberikan motivasi kepada para karyawannya.

“Masih berpikir bahwa selalu memberi itu salah?”

Apa yang kita tanam adalah apa yang kita tuai nanti nya.

Semoga menginspirasi!

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.