Berita Nasional Terpercaya

Tas Siswa Steril Narkoba

0

JOGJA, HarianBernas.com — Forum Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Jogja melakukan razia di kalangan pelajar, Jumat (20/11). Razia dilakukan di tempat-tempat yang biasa dijadikan lokasi pelajar berkumpul menghabiskan waktu atau nongkrong sepulang sekolah. Misalnya warung, pinggir jalan dan warung angkringan.

Razia dilakukan di sejumlah tempat mulai dari kawasan Baciro, Kecamatan Gondokusuman sampai wilayah Kecamatan Jetis. Lokasi-lokasi tersebut dipilih, karena memiliki potensi tinggi bagi kemungkinan peredaran dan penyalahgunaan narkotika.

Kepala Seksi Pembinaan Pemuda pada Kantor Kesatuan Bangsa Kota Yogyakarta, Husni Eko Prabowo mengatakan, P4GN menggelar razia seiring meningkatnya kekhawatiran masyarakat terhadap potensi bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkotika di kalangan pelajar di Kota Jogja. ?Di luar rumah atau di luar lingkungan sekolah, di tempat-tempat seperti itu kan pengawasan orangtua maupun pihak sekolah minim,? tuturnya.

Menurut Husni, dalam razia yang dilakukan P4GN kemarin, tidak ada pelajar yang kedapatan membawa narkotika atau obat-obatan terlarang lainnya. Namun demikian, P4GN juga memanfaatkan kesempatan bertemu langsung dengan pelajar di tempat-tempat ?rawan? tersebut untuk memberikan informasi seputar bahaya narkoba. Baik dari sisi kesehatan maupun sisi hukum yang bisa mengancam masa depan mereka.

Meskipun tidak menemukan pelajar yang membawa narkoba atau terindikasi menyalahgunakan narkoba, sejumlah pelajar tetap mendapat pembinaan dari tim P4GN, karena ketahuan membolos sekolah. Pelajar yang kedapatan membolos sekolah tersebut didata dan dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk dibina.

Leave A Reply

Your email address will not be published.