Berita Nasional Terpercaya

Masuk Peringkat Lima Besar di Kampusnya, Gadis Buta ini Menggunakan Bibirnya Untuk Meraba Braile

0

HONGKONG, HarianBernas.com – ? Aku punya keterbatasan. Aku cacat. Mana bisa aku sukses nanti ?

Tsang Tsz-Kwang adalah gadis yang mengalami kebutaan, memiliki masalah pendengaran, dan sensitivitas pada tangannya. Tsz-Kwang tidak bisa menggunakan tangan untuk membaca huruf timbul atau braille, karena kulitnya yang kurang sensitif.

Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh gadis ini?

Siapa sangka semua keterbatasan tersebut tak membuat gadis berusia 20 tahun asal Hong Kong ini menyerah. Dia mempelajari braille menggunakan bibirnya. Usahanya tak sedikitpun sia-sia, karena Kwang berhasil membaca lancar menggunakan bibir dan mengikuti ujian masuk.

Ya, Kwang membaca menggunakan bibir-nya!

Usaha berat tersebut membuahkan hasil maksimal, Kwang berhasil mendapatkan nilai tinggi yang membuatnya masuk ke dalam peringkat lima besar dalam ujian masuk universitas di Hong Kong. Dengan keterbatasannya Kwang bisa saja tak mengikuti tes tersebut, namun dia memutuskan bahwa itu bukan alasan. Dia tetap bertekad masuk ke universitas, apapun hasilnya.

“Aku harus menerima kekuranganku. Aku memutuskan untuk mengambil tantangan itu, apapun hasilnya. Menurutku yang terpenting adalah memiliki keberanian untuk menghadapi semua tantangan,” kata Kwang.

Kini, Kwang berharap bisa mempelajari bidang literasi dan terjemahan di universitas sehingga ilmu yang ia pelajari dan ia baca menggunakan bibir bisa berguna bagi seluruh masyarakat dunia.

Manusia adalah makhluk yang sempurna. Tidak ada alasan untuk tidak menyempurnakan hidupmu. Hidup cuma sekali, harus SUKSES!

Leave A Reply

Your email address will not be published.