Berita Nasional Terpercaya

Keraton Kasultanan Yogyakarta Sampaikan Bela Sungkawa Atas Wafat Paku Alam IX

0

JOGJA, HarianBernas.com— Keraton Kasultanan Yogyakarta mengucapkan duka cita yang dalam atas wafatnya Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX, Sabtu (21/11). Adik Sri Sultan Hamengku Buwono X, GBPH Prabukusumo mengungkapkan, pihak kraton merasa sangat kehilangan.

“Kami kehilangan sekali atas wafatnya beliau (PA IX), kami ikut berbela sungkawa,” ungkap Prabukusumo di Bangsal Pakualaman, Sabtu (21/11), sebagaimana dilaporkan wartawan HarianBernas.com Yvesta Putu Ayu.

Menurut Gusti Prabu, pihaknya mendapatkan kabar wafatnya PA IX saat rapat di KONI DIY. Kabar didapat dari kerabat Paku Alam setelah dipastikan PA IX wafat.

Bagi Gusti Prabu, almarhum merupakan sosok yang luar biasa. Beliau juga selalu memberi masukan yang arif meski kadang keras. Namun nasihat tersebut merupakan ajaran agar mereka memiliki sifat dan karakter yang baik.

Gusti Prabu menambahkan, pihaknya sering berkonsultasi dengan almarhum, termasuk kondisi keraton. “Saya sering konsutasi dengan beliau. Kadang bercengkrama kadang serius, termasuk situasi keraton, namun tidak bisa kami sebutkan,” ungkapnya.

Gusti Prabu menambahkan, baginya, sosok PA IX sangat luar biasa pengalamannya. Almarhum pernah tinggal di berbagai dunia, bahkan di bekerja di Samudra Indonesia.
“Beliau juga bisa berbagai bahasa karena pernah tinggal di mana-mana,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.