Berita Nasional Terpercaya

FMIPA UNY Gelar Seminar Penelitian dan PPM

0

JOGJA,HarianBernas.com–FMIPA UNY menggelar seminar hasil penelitian dan PPM, Jumat(20/11) di ruang sidang fakultas. Terdapat 86 karya yang diseminarkan, diantaranya 45 judul penelitian dan 41 judul PPM. Penelitian ini melibatkan 119 dosen.Penelitian dan PPM yang diseminarkan didanai dari PNBP DIPA FMIPA UNY tahun 2015.

Dr. Hartono yang merupakan Dekan FMIPA menerangkan bahwa hasil penelitian ini tagihannya berupa artikel di Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS) dan Jurnal Sains Dasar (JSD). Kita berencana membuat jurnal khusus PPM yang tahun ini belum bisa diterbitkan, sehingga diharapkan jurnal JSD segera terbit. Jurnal tersebut nanti akan dipasang di lobby yang sudah disediakan tempatnya. Selain jurnal buku karya para dosen, yang memiliki jurnal internasional  juga bisa dipajang di tempat tersebut.

?Untuk yang PPM, dosen penelitannya sudah hampir semua memperoleh, tapi kadang PPM terlewatkan. Jadi mohon di jurusan, PPM tidak dikompetisikan tetapi dibagi habis dosen yang belum mendapatkan PPM karena untuk sertifikasi dosen diminta buktinya,? himbaunya.  

Sementara Wakil Dekan I, Dr. Suyanta, mengatakan, ?Penelitian di FMIPA dari tahun ke tahun akan coba kita tingkatkan. Penelitian pada tahun ini melibatkan 119 dosen. Kalau total jumlah dosen FMIPA 181 orang, yang 23 orang studi lanjut, sisanya yang 39 orang harapannya terlibat dalam penelitian dikti, sehingga semua dosen terlibat dalam penelitian dan PPM. Ini sesuai dengan peraturan di sertifikasi dosen bahwa kewajiban dosen untuk mendapatkan tunjangan melaksanakan penelitian dan pengajaran setara dengan 9 sks yang lain-lain boleh 3 sks sehingga totalnya beban kerja dosen 12 sks.?

Selanjutnya Suyanta menegaskan bahwa penelitian merupakan sebuah tradsisi akdemik bagi semua perguruan tinggi , sehingga budaya meneliti dalam kehidupan kampus haruslah menjadi budaya yang mendasar dalam setiap gerkan keilmuan. ?Bagi dosen selain mengajar diharapkan juga dapat melakukan kegiatan penelitian, sehingga kualitas intelektual dan keilmuan yang dimilikinya akan semakin meningkat. Jika kualitas dosen pengajar semakin meningkat maka dampaknya akan terasa dalam proses belajar mengajar dengan mahasiswa di kampus,? tuturnya.

Suyanta juga menghimbau, bahwa berbagai konsep penelitian hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan serta permasalahan yang ada, sehingga hasil penelitian yang telah dilakukan akan tetap ?Kekinian? atau tidak tertinggal oleh gerakan zaman dan ilmu pengetahuan. Menurutnya, bila hasil penelitian tersebut tertinggal gerakan zaman dan ilmu pengetahuan, maka, penelitian tersebut hanya akan menjadi sebuah catatn belaka.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.