Berita Nasional Terpercaya

Bendungan Ambrol, Satu Rumah Terancam

0

BANTUL, HarianBernas.com–Hujan yang mengguyur wilayah Bantul sejak beberapa hari terakhir menyebabkan rumah milik Munawir warga Dusun Combongan, Desa Jambidan terancam ambruk. Pasalnya rumah Munawir kini hanya berjarak 2 meter dari bibir sungai akibat tanah di belakang rumahnya tergerus air sebagai dampak abrolnya bendung di bawah jembatan Ngablak.

?Persoalan ini sudah terjadi sejak 2013 silam dan sudah saya sudah laporkan kepada pemerintah. Namun  hingga sekarang belum ada perhatian,? kata Munawir saat menerima kunjungan Wakil Ketua Komisi BDPRD Bantul, H. Setiya. Akhirnya dengan biaya dan inisiatif sendiri, Munawir membuat talud agar tanah di belakang rumahnya tidak semakin tergerus terlebih terkena gempuran air sungai.

Menyikapi hal tersebut, Setiya yang merupakan wakil rakyat dapil Banguntapan dan Piyungan ini berharap agar BPDB Bantul atau pihak berkompeten lainnya segera merespon keluhan warga. ?Jangan sampai penggerusan ini menyebabkan kerugian bagi warga. Mohon segera ada tindakan,? kata  Setiya.

Selain itu, politisi PKS ini berharap Kepada Balai Besar Sungai Opak agar melakukan kajian komprehensif atas keberadaan bendung di bawah jembatan Opak tersebut. ?Bendung tersebut  awalnya dibuat untuk menjaga  stabilitas tiang jembatan. Namun sekarang jembatan dibangun tanpa tiang, sehingga keberadaan bendung sudah tidak efektif bahkan mengganggu aliran sungai. Pembongkaran bendung akan menormalisasi aliran. Disamping perlu dibangun kembali talud di kiri kanan dinding sungai yang sudah ambrol, agar tidak terjadi penggerusan dinding sungai yang mengancam jiwa warga tadi,? tandasnya.

Ditambahkan Setiya, penggerusan itu terjadi karena bendungan yang dibangun di bawah jembatan, memunculkan rongga di bawah bendung sehingga aliran air masuk dan muncul di selatan bendung. Air dari arah bawah keluar dan menggerus dinding sungai sisi barat. Padahal talud sisi barat sendiri sudah ambrol pada Desember 2013 lalu. Gerusan air ke dinding sungai itulah semakin  lama semakin masuk ke pemukiman hingga sekarang menyisakan jarak hanya tinggal 2 meter dari rumah Munawir. ?Mohon segera direspon persoalan ini sebaik-baiknya,? katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.