Berita Nasional Terpercaya

Jokowi: Kerugian Indonesia Rp 300 T per Tahun

0

KUALALUMPUR, HarianBernas.com?Presiden RI Joko Widodo memanfaatkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Asean di Kualalumpur, Malaysia, untuk ungkap kasus ilegal fishing. Di depan para kepala negara di Asean dan juga Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Jokowi menyebut kerugian Indonesia akibat ilegal fishing tidak main-main.

?Pertahun, kerugian Indonesia mencapai Rp 300 triliun. Ini bukan angka kecil. Kami sangat prihatin dengan tingginya kasus pencurian ikan di perairan Indonesia,? kata Jokowi, Sabtu (21/11).

Terkait masalah Ilegal, Unreported, and Unregulated Fishing (IUU Fishing), Presiden Jokowi berharap kemitraan Asean-AS ke depan dapat lebih memberikan manfaat bagi penanganan dan pemberantasan IUU Fishing.

?Adalah kewajiban kita semua untuk saling menghormati kedaulatan wilayah dengan memberikan kontribusi nyata bagi berbagai bentuk kejahatan trans-nasional. Bukan hanya IUU Fishing, tapi juga drugs trafficking, people smuggling, dan slavery,? kata Jokowi.

Terkait dengan meningkatnya eskalasi ketegangan di kawasan Laut China Selatan, Presiden Jokowi meminta Asean dan AS lebih berperan. Kontribusi Asean dan AS sangat penting bagi upaya menciptakan kedamaian di kawasan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.