Berita Nasional Terpercaya

Dengar Wafatnya KGPAA Paku Alam IX Roy Suryo Percepat Kunjungan ke Malaysia

0

JOGJAKARTA, HarianBernas.com ? Kabar wafatnya penguasa Kadipaten Paku Alam, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam IX membuat banyak kalangan berduka. Salah satunya adalah kerabat pura yang juga mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) KRMT Roy Suryo Notodiprodjo merasa kehilangan atas kepergian beliau.

?Saya merasa kehilangan karena beliau adalah pribadi yang sederhana dan benar-benar bersahaja,? katanya saat dihubungi Bernas.

Mendengar kabar wafatnya Paku Alam IX, Roy bahkan harus mempercepat lawatannya ke Malaysia dalam rangka menghadiri sebuah seminar internasional. ?Sampai saat ini saya masih mencari jadwal pesawat agar sesegera mungkin tiba di tanah air,? ujar dia, Sabtu (21/11) malam.

Petinggi Partai Demokrat itu mengingat kesan yang mendalam dari almarhum PA IX. Salah satunya, mendiang PA IX adalah pribadi yang sangat sederhana dan baik hati.

?Saya selalu mantan Sekretaris Panitia Jumenengan beliau di tahun 1999 dulu, mengingat beliau sebagai orang yang sangat sederhana dan baik hati,? tutur Roy.

Meski sempat mendapat serangan dari sebagian kecil saudara yang menolak penobatan pria bernama asli BRMH Ambarkusumo itu, Paku Alam IX tetap menebar kebaikan dan bersikap bijak.

?Mungkin Mas tahu, banyak serangan yang dialamatkan kepada beliau. Almarhum pernah dituduh macam-macam, dan sempat ada kebingungan di masyarakat, kok ada dua Paku Alam, padahal sebenarnya kan hanya satu. Tapi beliau tetap gemujeng (tersenyum) saja dan berpesan agar kita (kerabat) rukun selalu,? terangnya.

 Kepada Bernas, Roy Suryo mengaku berusaha untuk bisa menghadiri prosesi pemakaman jenazah Sri Paduka PA IX. Rencananya, pihak keluarga akan melepas kepergian jenazah menuju Astana Giri Gondo pada Minggu 22 November pukul 12:30.

Leave A Reply

Your email address will not be published.