Berita Nasional Terpercaya

Paku Alam IX, Raja yang Gemar Naik Motor

0

JOGJA, HarianBernas.com — Bagi sebagian besar masyarakat mungkin tak lazim kiranya jika melihat seorang penguasa hanya menggunakan sepeda motor. Namun hal tersebut bukan hal yang tabu bagi mendiang KGPAA Paku Alam IX.

Ajudan Paku Alam IX saat bertugas sebagai Wakil Gubernur DIY, Timur Adi Nugroho, kepada wartawan HarianBernas.com Rosihan Anwar menuturkan, Paku Alam termasuk pribadi yang sangat merakyat. “Sering beliau ke mana-mana pakai motor Honda (Astrea). Padahal beliau adalah raja,” katanya, Minggu (22/11) di sela-sela waktu menunggu prosesi pemberangkatan jenasah Paku Alam IX ke makam raja-raja Pura Pakualaman di Girigondo, Kulonprogo, siang ini.

Saking hobinya mengendarai sepeda motor, di saat lanjut usia dan mulai sakit-sakitan, Paku Alam IX masih ngotot untuk naik motor sendirian. Perjalanan yang cukup jauh ke pelosok desa di Gunungkidul juga pernah dilalui almarhum. “Putra beliau sampai merantai motor agar beliau tidak pergi naik motor lagi. Ini karena kasihan akan kesehatan beliau,” sebut pria yang telah menjadi ajudan Wakil Gubernur sejak tahun 2003 tersebut.

Wakil Bupati non aktif Kabupaten Sleman, Yuni Satia Rahayu, memuji kesederhanaan almarhum. Menurutnya, KGPAA Paku Alam IX adalah pribadi yang tidak berjarak. “Pernah kami bersama beliau berkunjung ke Kabupaten Dharmasraya di Padang untuk melihat transmigran. Beliau sangat bersemangat meski jaraknya jauh dari bandara,” katanya. 

Saat sebagian orang yang mengikuti kunjungan beliau ke Sumatera Barat khawatir dengan kondisi kesehatan, Paku Alam IX sangat bersemangat menemui rakyatnya. “Padahal sangat jauh dan lama, tapi saat sudah ketemu rakyatnya kembali bugar dan sumringah,” kata Yuni.

Kegemaran bertemu masyarakat tanpa formalitas juga membuat Yuni kagum. “Itu sebabnya motor beliau pernah dirantai. Ini menandakan beliau adalah panutan karena ingin selalu dekat dengan masyarakat,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.