Berita Nasional Terpercaya

Paku Alam IX, Raja Humoris yang Membaur dengan Abdinya

0

JOGJA, HarianBernas.com — Meninggalnya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam IX membuat banyak pihak kehilangan .Salah satu abdi dalem Pura Pakualaman, Mas Lurah Citra Panembang kepada Rosihan Anwar dari HarianBernas.com, Minggu (22/11) pagi, menuturkan, Paku Alam IX adalah sosok yang baik hati dan tidak segan-segan membaur.

Baca juga: Sikap Terpuji Nabi Idris, Sosok yang Cerdas dan Kreatif pada Zamannya

“Beliau adalah sosok yang sangat baik hati dan bersahaja. Meskipun seorang raja, beliau tidak pernah menganggap kami seorang batur (pesuruh),” katanya.
Almarhum yang bernama asli BRMH Ambarkusumo itu bahkan kerap menyambangi para abdi dalem yang bertugas. Sikap ramah dan seakan tak berjarak kerap tampak dari mendiang PA IX.

“Beliau orang yang sangat-sangat ramah. Sering saat kami sedang duduk-duduk, didatangi dan ditanya bagaimana kabar dan pekerjaan kami. Beliau juga pribadi yang humoris,” ujarnya.

Pemuda berusia 25 tahun itu sudah tiga tahun menjadi abdi dalem Pura Pakualaman. Meski tergolong baru, ia telah merasakan kedekatan dengan almarhum.
“Sekitar dua minggu kemarin sebelum sakit, tiba-tiba beliau masuk ke dalam Perpustakaan Pura. Beliau bertanya dengan ramah apa yang telah kami kerjakan. Kecintaan beliau terhadap naskah kuna warisan leluhur juga sangat besar,” ungkap Penghageng Tepas Macapat itu.

Dari pribadi yang santun, bersahaja, dan tetap memancarkan sinar kewibawaan seorang raja, membuat Sri Paduka Paku Alam IX sangat dicintai para abdi dalemnya. Rasa kehilangan pun menjadi sebentuk ungkapkan kecintaan yang mendalam.

Baca juga: Inilah 99 Asmaul Husna Beserta Artinya Bahasa Indonesia Lengkap

Leave A Reply

Your email address will not be published.