Berita Nasional Terpercaya

Ratusan Siswa Ikuti Try Out Ujian Sekolah/MI

0

JOGJA,HarianBernas.com–Sekitar tiga ratus siswa Sekolah Dasar (SD) di DIY mengikuti try out atau latihan Ujian Sekolah/Madrasah Ibtidaiyah (MI) di SMP Budya Wacana, Minggu (22/11). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan Ujian Sekolah/MI bagi para siswa kelas VI.

“Latihan ujian semacam ini penting dilakukan karena seringkali siswa kesulitan mengikuti ujian karena masalah teknis dan mental,” ungkap Kepala SMP Budya Wacana, Suharto Edyst disela acara.

Menurut Edyst, try out dapat menjadi pembiasaan bagi siswa dalam mengikuti proses ujian. Sehingga mereka nantinya tidak lagi grogi dan siap mental saat benar-benar mengikuti Ujian Sekolah/MI maupun Ujian  Nasional (UN).

Apalagi soal-soal yang diujikan dalam try out merupakan kisi-kisi dalam Ujian Sekolah/Madrasah ataupun UN. Dengan demikian para siswa maupun sekolah dan orangtua memiliki pegangan dalam menyiapkan anak-anak mereka.

Karena itulah, SMP Budya Wacana berinisiatif menyelenggarakan try out kali ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Sekolah itu menjalin kerjasama dengan Neutron untuk membuat paket soal ujian.
    “Sebelum diujikan dalam try out, kami melihat dulu naskah soal yang diberikan agar sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan pemerintah,” ungkapnya.

Sementara ketua panitia try out, Eliyas Subekti menjelaskan, siswa diberikan waktu dua jam untuk mengerjakan 75 soal dari tiga mata pelajaran (mapel) seperti Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Soal-soal yang diujikan merupakan soal-soal esensial dari masing-masing mapel dengan sistem check poin.

“Kami menyediakan hadiah bagi siswa peraih nilai tryout tertinggi. Diantaranya sepeda, tablet, ponsel Android hingga alat-alat elektronik,” jelasnya.

Ditambahkan Waka Humas SMP Budya Wacana, Deffry Setiawan, try out tersebut juga menjadi ajang sekolah untuk mengenalkan SMP Budya Wacana melalui kegiatan Open House. Berbagai potensi dan program sekolah dikenalkan pada peserta didik dan orangtua dalam kegiatan tersebut.

“Setiap tahun terjadi peningkatan jumlah minat siswa yang ikut try out maupun sekolah di Budya Wacana melalui program ini,” imbuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.