Berita Nasional Terpercaya

Penemu OS Android: Teknologinya Mencuat Karena Menolong Pertengkaran Sepasang Kekasih

0

New Bedford,AS – HarianBernas.com. Apa yang akan anda lakukan jika melihat sepasang kekasih bertengkar?
Pura-pura tidak tahu? Atau melerainya?

Sistem Android yang banyak digunakan orang ini, lahir dari pertengkaran sepasang kekasih. Bagaimana bisa?

Andy Rubin, yang lahir pada 1946 di New Bedford, AS, sejak kecil sangat suka mengutak-atik barang – barang elektronik, khususnya robot. Ayahnya tahu dan yakin bahwa anaknya mempunyai bakat dan minat yang besar dalam bidang tersebut.
Andy Rubin menuntaskan masa kuliahnya dan ia mencoba bekerja di salah satu perusahaan Carl Zeiss. Di sana, ia berada di divisi robotika seperti yang sudah ia impikan sebelumnya. Namun itu tidak berlangsungnlama, ia memutuskan untuk mengundurkan dari pekerjaan itu dan pindah di sebuah perusahaan elektronik yang berada di Swiss.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Lalu mengapa kehidupannya seketika berubah dan pada akhirnya menjadi CEO Founder dari OS Android?

Kejadian yang mengubah hidupnya terjadi pada waktu dirinya sedang liburan di Cayman Island pada tahun 1989. Di sana secara tak sengaja dirinya bertemu dengan seseorang yang bernama Bill Caswell. Pada waktu itu Bill sedang pergi dan keluar dari hotel karena bertengkar dengan pacarnya.

Andy yang melihat Bill bertengkar dengan pacarnya, merasa ingin menolong dan menawarkan tempat bermalam sementara. Tidak disangka bahwa sebenarnya Bill adalah seorang pekerja di Apple. Dan sebagai balas jasa, Bill menawarkan pekerjaan di Apple. Dengan sangat senang Andy menerima tawaran tersebut.

Di Apple ia mendapatkan banyak sekali pelajaran dan tambahan motivasi. Pada mulanya, ia bertugas di bagian manufacturing. Meski hanya sebentar dan kemudian masuk ke bidang riset, ia dipercaya menjalankan proyek Apple General Magic yang merupakan proyek yang digadang-gadang akan menjadi suksesor Apple di bidang perangkat telekomunikasi genggam.

Baca juga: Inilah 10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Berbagai Profesi

Namun apa mau dikata, proyek tersebut harus ditutup karena kurangnya minat pasar. Meskipun proyek tersebut ditutup, Apple sedikit banyak telah memberikan pelajaran yang berharga bagi seorang Andy Rubin.

Dan awal tahun 2002, Andy Rubin memberikan sebuah kuliah di Stanford mengenai pengembangan Sidekick, program terbarunya. Larry Page dan Sergei Brin, pendiri Google, ikut hadir dalam kuliah tersebut. Dalam kuliah tersebut Rubin membahas bahwa meski penjualan Sidekick di pasaran tak meledak, perangkat tersebut dinilai cukup baik dari sisi engineering. Selesai kuliah tersebut, Page menemui Rubin untuk melihat Sidekick dari dekat dan melihat perangkat itu menggunakan search engine Google. Ini merupakan sebuah titik tolak bagi Page untuk sebuah ide yang dalam beberapa tahun kemudian akan terwujud ; sebuah ponsel Google.

Dalam waktu kurang lebih dua tahun setelah peristiwa pertemuannya dengan Page, Andy Rubin memasuki bisnis kamera digital sebelum akhirnya ia mendirikan Android. Dan bulan Juli 2005, 22 bulan setelah Android berdiri, perusahaan itu ditelan oleh raksasa Google dan memilih untuk bergabung dengan Google.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Pihak Google menyebut pembelian Android tersebut sebagai akuisisi terhadap sumber daya manusia dan teknologinya. Android pun diberi kekuatan ekstra yang kemudian membentuk Open Handset Alliance untuk mengembangkan perangkat bagi Android. 

Sejak peluncurannya, Android banyak mencuri perhatian. Tidak hanya di negara asalnya Amerika namun hingga ke seluruh dunia. Bahkan Android terbukti bisa mematahkan dominasi Blackberry dan iOS yang ada saat itu. Hingga saat ini, Android merupakan operating system yang paling banyak dipakai disetiap gadget.

Pertemuan dengan Bill, membuat kisah petualangan Rubin di jagad teknologi dimulai. Bukankah peduli terhadap orang lain itu hal yang baik? Bisa saja orang lain itu punya solusi terhadap masalahmu. Seperti kisah Andy Rubin ini.

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.