Berita Nasional Terpercaya

Pura Pakualaman ?akan?Gelar Jumenengan Paku Alam X

0

JOGJA, HarianBernas.com, — Pengisian kekosongan jabatan Wakil Gubernur (Wagub) DIY, sepeninggal Paku Alam (PA) IX tengah disiapkan. Kadipaten Puro Pakualaman berencana menggelar prosesi adat pengangkatan putra mahkota Kanjeng Bendara Pangeran Haryo (KBPH) Suryodilogo yang dinobatkan sebagai PA X. “Kita tengah menyiapkan jumenengan KBPH Suryodilogo sebagai PA X,” ujar Penghageng Pambudaya Puro Pakualaman, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Kusumo Parasto saat dihubungi, Senin (23/11).

Baca juga: Rumah Joglo, Rumah Adat Jawa yang Memiliki Banyak Keunikan

Jumenengan sendiri merupakan prosesi adat untuk mengangkat atau menobatkan sang penerus raja sebelumnya. Adapun sesuai tradisi jumenengan raja di Kadipaten Pakualaman digelar di Bangsal Sewotomo. “Sesuai tradisi jumenengan akan digelar di Bangsal Sewotomo,” kata Parasto.

Menurutnya, KGPH Suryodilogo sudah resmi menjadi penerus tahta Pakualaman. Hanya tinggal menunggu upacara jumenengannya yang akan segera ditentukan. “Kapan waktu pelaksanaannya belum bisa kami putuskan, namun dalam waktu dekat ini kita segera gelar acara itu,” katanya.

Dalam prosesi jumenengan nantinya KGPH Suyodilogo akan mendapat penyematan sebagai tanda telah dinobatkan sebagai PA X. Adapun bertindak sebagai pemberi penyematan yaitu dari sesepuh Puro Pakualaman. “Kami belum sampaikan siapa yang akan menyematkan. Yang jelas dari sesepuh Puro Pakualaman,” katanya.

Usai prosesi penyematan selesai, Adipati yang baru dinobatkan tersebut akan dikirab keluar Pakulaman. “Dengan tujuan mengenalkan kepada masyarakat,” imbuhnya.(*)

Baca juga: Mengenal Keunikan Rumah Adat Jambi yang Memiliki Ukiran Eksotik

Leave A Reply

Your email address will not be published.