Berita Nasional Terpercaya

GKR Hemas Donasikan Gajinya untuk Beli Gejog Lesung dan Pengeras Suara

0

SLEMAN, HarianBernas.com –Wakil Ketua DPD RI GKR Hemas mendonasikan gajinya untuk bulan Desember 2015 dan Januari 2016 kepada BKL ?Mugi Waras? Blendung Sumbersari Moyudan Sleman, Senin (23/11). Gaji bulan Desember sebesar Rp 10 juta untuk membeli sarana prasarana kegiatan BKL, yakni gejog lesung maupun pengeras suara. Sementara gaji bulan Januari 2016 sebesar Rp 10 juta dialokasikan untuk pembelian keranda.

Hal tersebut dilakukan GKR Hemas setelah mendengar keluhan dari pengurus BKL ?Mugi Waras? yang sangat membutuhkan sarana tersebut. Usai melihat kegiatan BKL ?Mugi Waras?, GKR Hemas merasa salut dengan kegiatan lansia di sana. Ia melihat lansia tidak merasa berhenti,  tetap produktif, tetap sehat, dan tetap optimis membimbing dalam membantu anak cucu dan melihat aktivitas mereka. 

Kegiatan kunjungan yang dikemas dalam bentuk dialog dan penyerapan informasi juga menghadirkan narasumber dari DIY, yakni Kepala Dinas PU DIY dan Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Kelautan DIY, serta pejabat DIY lainnya.

Kedatangan GKR Hemas disambut dengan kesenian tek-tek. Ia menyaksikan kegiatan keterpaduan Posyandu lansia, senam lansia, kegiatan kerohanian seperti pengajian, pangrukti loyo muslim dan katolik, dan kegiatan sembahyangan. Juga kegiatan kesenian berupa sholawatan, gejok lesung, dan angklung.

Kegiatan juga terintegrasi dengan kegiatan ekonomi produktif berupa UPPKS lansia dengan kegiatan bidang pertanian antara lain budidaya jamur merang, perikanan, peternakan itik, kegiatan kerajinan membuat kasur, besek, tikar dan tempe.

GKR Hemas juga sempat meresmikan Mushola Al Janah yang sebagian besar untuk kegiatan lansia. Menurut Ketua BKL ?Mugi Waras?, dengan lansia 81 orang umur 60 tahun ke atas dan dengan 59 BKL dan 15 kader, kegiatan yang juga dilaksanakan yakni home care dan day care dan kegiatan senam tiga generasi (yang juga ditampilkan dalam acara penyambutan), yaitu senam yang diikuti oleh semua anggota keluarga yang terdiri dari anak (cucu) dewasa (orangtua) dan lansia (kakek/nenek).

Senam tiga generasi ini merupakan hasil kerja sama antara BKKBN Sleman bersama dengan  FPOK UNY di bawah bimbingan Ny Fajar dan PLKB Moyudan, tokoh masyarakat Blendung. Senam ini telah dilaksanakan setiap hari Jumat pagi di Balai Desa Sumbersari. Tujuan senam ini adalah menciptakan  keharmonisan keluarga sehat cucu, anak  dan nenek/kakek.

Leave A Reply

Your email address will not be published.