Berita Nasional Terpercaya

Jika Kamu Bisa Berjalan, Berlari, Berkendara Tapi Masih Malas, Simak Kisah Berikut Dan Kamu Akan Mensyukuri Hidupmu

0

CINA, HarianBernas.com– “Ahh…Bosan ahh kuliah, materinya buatku pusing”
“Mana dosennya galak lagi..”.

Kamu sekarang sedang kuliah? mulai berencana kuliah? apa sudah alumni?
Namun suatu ketika, apa kamu pernah merasa malas untuk kuliah? 
Kamu tahu, bahwa ada seorang pemuda yang harus merangkak untuk berangkat kuliah?
Kok merangkak sih? anda penasaran? silakan simak kisahnya.

Keterbatasan nyatanya tak menjadi halangan bagi seseorang dalam meraih dan menggapai mimpi yang telah didambanya. Setuju?

Seperti yang terjadi dengan seorang pria di Cina. Keterbatasan fisik yang dimilikinya, tak menghalangi semangat dirinya untuk mengenyam pendidikan di universitas dan menjalani hidup layaknya orang normal. Pria ini pun bahkan menolak belas kasihan dari teman-temannya dan menolak diperlakukan seperti orang sakit. Dengan sopan, ia mencoba menepis dan menunjukan pada teman-temannya bahwa dirinya sama dengan yang lainnya. Meskipun kekurangan dalam tubuhnya membatasi ruang geraknya, namun pria ini terus berjuang demi untuk menjadi sama dengan orang lain dan tidak ingin dianggap remeh karena keterbatasannya. 

Meski harus merangkak, ia tak pernah putus asa menjalani kuliahnya, itulah yang dialami oleh pria muda berusia 21 tahun bernama Yu Chongle yang pada bulan Oktober kemarin baru saja menghadiri kelas pertamanya di universitas di Guangxi Normal University's Lijiang College. 

Meskipun Yu memiliki keistimewaan lain yang tidak dimiliki anak-anak seusianya, namun hal ini tak pernah menghalangi Yu untuk hadir dalam kuliah perdananya meskipun ia harus merangkak menelusuri setiap koridor dan jalan menuju ruang kelasnya.

Di hari pertama Yu menghadiri kelas mata kuliahnya, semua orang yang hadir pada kelas tersebut, tersentak kaget melihat kondisi Yu pada saat itu. Namun, dengan tanpa malu dan canggung, Yu terus merangkak dengan menggunakan tangannya untuk sampai ke tempat duduknya. Hal ini lantas membuat teman-temannya merasa tidak enak terus melihat Yu, mereka pun kembali pada aktivitasnya dan berpura-pura tidak melihat hal lain di ruangan tersebut. Yu memang merasa kurang nyaman pada awal-awal. Namun tidak ada pilihan lain baginya selain terus berusaha demi menggapai impiannya untuk sukses. Untuk itulah, Yu terus berusaha dan tidak merasa malu dengan teman-temannya.

Penyakit apa yang diderita Yu sampai ia harus merangkak?

Yu menderita suatu penyakit yang menyebabkan ia tidak dapat berjalan dan berdiri lebih dari 10 menit.

Apa penyebabnya? 

Yu mengalami atrofi setelah demam hebat yang dialaminya pada usianya yang ke 4 bulan. Setelah demam hebat tersebut, ibu Yu lantas membawanya ke rumah sakit. Namun, keterlambatan penanganan pasca demam hebat tersebut membuat Yu mengalami Atrofi yang membuat kaki-kakinya tak dapat bergerak hingga saat ini.

Dengan kondisinya yang memprihatinkan itu, apa yang bisa Yu perbuat?

Meskipun kondisi Yu dengan segala keterbatasannya seringkali menyulitkannya untuk melakukan banyak hal seperti yang dilakukan oleh orang lain, tidak menyurutkan tekadnya untuk bisa membantu keluarganya. Ketika masih kelas 1 SMP, Yu sudah bisa membantu orangtuanya mengerjakan banyak pekerjaan rumah seperti mendaki bukit untuk mencari kayu bakar dan rumput, memasak untuk adiknya yang sedang sakit, dan memberi makan kakeknya yang sudah tua. Untuk membantunya agar bisa berjalan dengan menggunakan tangan, Yu juga membuat sepasang balok kayu untuk menopang pergerakannya agar bisa berjalan lebih baik.

Kasihan sekali ya, apa orang orang  merasa iba kepada Yu?

Diakui Yu, dirinya diterima di Universitas tersebut pada bulan Juli dan memutuskan mengambil jurusan hukum. Banyak orang yang merasa iba melihat Yu, namun hal ini tak lantas dijadikan Yu sebagai alasan untuk diperlakukan khusus.  Justru ia ingin diperlakukan sama seperti orang normal lainnya.
 

Alhasil, dengan semangat kerja keras dan penuh dengan kegigihannya, Yu yang dibatasi dengan kecacatan sekalipun, nyatanya mampu mengukir sebuah prestasi yang tak jarang membuat orang lain terkagum dan tak menyangka dengan karya yang diukirnya. Prestasi yang telah dicapainya adalah Yu selalu ranking 1 di kelasnya, bahkan ia dinobatkan sebagai seorang yang ahli pidato di sekolahnya. 

Luar biasa bukan?
Masih malas kuliah? 

Leave A Reply

Your email address will not be published.