Berita Nasional Terpercaya

Nyaris Punah! Elang Jawa di Merapi Tinggal Tiga Ekor

0

SLEMAN,HarianBernas.com?Populasi elang Jawa di hutan Merapi diduga tinggal tiga ekor. Jumlah ini menyusut drastis dalam lima tahun terakhir. Tahun 2009 lalu, binatang endemik Merapi ini, dilaporkan masih enam ekor.

Belum diketahui pasti penyebab menyusutnya populasi Elang Jawa. Petugas dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi menduga, ada kemungkinan elang Jawa bermigrasi ke utara dan tinggal di hutan Merbabu.

?Semoga hanya bermigrasi dan bukan karena perburuan. Tapi, kami sendiri juga masih akan terus memastikan apakah benar jumlah elang Jawa Merapi tinggal tiga ekor,? kata Penjabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Dhany Suryawan, Selasa (24/11).

Dhany mengatakan, selain elang Jawa, di hutan Gunung Merapi juga tinggal sejumlah elang lainnya. Yakni elang hitam, elang brontok, elang madu, elang bido, dan elang sikep. Jumlah pastinya masih perlu monitoring lebih lanjut. Tapi dari sekian jenis elang ini, elang Jawa disebut Dhany paling terancam punah.

?Selain perburuan, juga karena elang Jawa paling sulit berkembang biak. Elang ini hanya sekali bertelur dalam setahun. Itu pun biasanya hanya sebutir. Jadi sangat sulit berkembang,? katanya.

Kasubag Tata Usaha Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta Edy Mintaryanto mengatakan elang Jawa kini masuk dalam daftar satwa endemik Pulau Jawa yang terancam punah. Selain elang, binatang endemik lain yang juga nyaris punah adalah trenggiling dan landak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.