Berita Nasional Terpercaya

Mobil Listrik UGM Siap Berlaga di Kompetisi “Formula Student Electric” di Australia

0

JOGJA, HarianBernas.com — Mobil listrik UGM siap berlaga di kompetisi internasional Formula Student Electric di Australia pada Desember 2016. Mengembangkan inovasi mobil yang diberi nama Arjuna, 21 perakit mobil optimistis ikut kompetisi tersebut.

“Dari hasil keikutsertaan kami dalam KMLI (Kompetisi Mobil Listrik Indonesia-red) 2015 yang tanpa kendala, kami optimistis bisa mengikuti kompetisi regional di Australia tersebut,” ungkap ketua tim Arjuna UGM, Fajar Sidiq Abdullah di kampus setempat, Selasa (24/11).

Ditambahkan Chief Technical Officer Arjuna UGM, Basyiruddin Qori, sejumlah inovasi mereka lakukan untuk merakit mobil listrik terbaik. Di antaranya me-reset baterei mobil dan controler serta mengubah mekanisme mobil. “Sehingga berat mobil kami turun dari 220 kg pada tahun lalu menjadi 130 kg pada tahun ini,” jelasnya.

Qori menjelaskan, reduksi tersebut membuat mobil mereka dapat meluncur 62,5 km per jam. Kecepatan itu meningkat dibandingkan tahun lalu 50 km per jam.

“Manuver mobil kami lebih bagus,” promosinya.

Selain itu, tim tersebut mengembangkan inovasi teknologi transmisi dengan  mengganti garda diverensial. Mereka juga memodifikasi dari produk di pasaran agar lebih baik saat digunakan.

“Kami menggunakan satu motor untuk menggerakkan kedua roda belakang agar lebih efisien tapi dengan kekuatan dua kali lipat,” imbuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.