Berita Nasional Terpercaya

Ivana Borong Dua Medali di Kejuaraan Dunia

0

Ivana Borong Dua Medali di Kejuaraan Dunia

JOGJA, HarianBernas.com–Ivana Ardelia Irmanto berhasil memborong dua medali, 1 perak di Nandao (golok selatan), dan 1 perunggu di Nangun ? (toya selatan) dalam Kejuaraan Dunia Wushu ke -13 2015 di Jakarta, 13-18 November 2015. Ivana bersama Yulius Yoga ? Kurniawan dua atlet wushu kebanggaan DIY ini bergabung bersama Tim Indonesia dan turut membantu Indonesia sukses di peringkat II setelah Tiongkok. Yoga yang bertanding di taichi tangan kosong dan senjata ada di  rangking 12.

?Kejuaraan Dunia Wushu yang diikuti 43 negara termasuk dari Eropa ini berlangsung ketat dengan hasil selisih nilai yang tipis, jadi nilai Nana (Ivana) dengan peraih Emas juga tidak banyak,? papar Sekretaris Umum Pemprov Wushu DIY, Bambang Kartika didampingi Binpres (Bina Prestasi) Kristiyan Nugroho, kepada Harian Bernas, Senin (23/11).

 Bambang menyebutkan di kelas Nandao dan Nangun, Nana bersaing dengan atlet Indonesia dari Sumatera Utara Juwita Nissa yang meraih emas dengan selisih nilai yang ketat, juga ada Lindswell di taichi. “Hasil yang diraih Nana cukup bagus, di kelas lainnya Nanquan, Nana di rangking 5 sementara Nissa di rangking 3. Jadi dari 3 kelas yang diikuti, Nana meraih medali di dua kelas,” papar Bambang menyebutkan keberangkatan Nana dan Yoga ke Jakarta bergabung dengan tim nasional Indonesia tanpa didampingi pelatih dan oficial dari DIY.

Sementara untuk Yoga, lanjut Bambang akan dilakukan evaluasi atas kendala yang dihadapi dengan target tahun depan setidaknya dalam perhelatan PON 2016 bisa meraih medali. “Saat ini kita sedang mempersiapkan atlet untuk PON 2016 yang akan dilaksanakan di bulan September,” papar Bambang

Bambang menjelaskan, menjelang PON 2016 di Bandung  ada 6 atlet Jogja mengikuti Puslatda dan menunggu keputusan dari PB Wushu Indonesia, karena yang akan bertarung di PON adalah atlet yang masuk rangking 1-5.  “Dari Jogja baru 4 dari 6 yang ikut pra pon yaitu, Ivana, Felicia, Camilia Lituhayu, Angela Lousie Raditya. Yang 3 lainnya mempunyai peluang ikut yaitu Yoga yang di Pra PON rangking 6, kemudian Indah Galuh, dan Marcelin,” jelas Bambang

Ketiga atlet tersebut kemungkinan besar masuk mengingat atlet Jawa Barat sebagai tuan rumah otomatis masuk sehingga tidak diikutkan dalam 5 besar yang diundang mengikuti PON 2016.
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.