Berita Nasional Terpercaya

Pembangunan SDM, Kunci Sukses Organisasi

0

JOGJA,HarianBernas.com—Pembangunan kualitas SDM menjadi kunci sukses sebuah organisasi. Untuk itu, setiap organisasi termasuk perusahaan, perlu berinvestasi pada SDM dengan secara regular melakukan berbagai program pelatihan dan pendidikan.

“SDM yang mumpuni akan membuat setiap organisasi langgeng dan berkembang,” kata SDM Corporate PT Telkom Dwi Heryanto di sela International Seminar and Conference on Learning Organization (ISCLO) ke-3 2015, kemarin (24/11).

ISCLO dihadiri oleh 150 peserta dari berbagai perusahaan dan organisasi, baik dalam maupun luar negeri.

Dikatakan, kompetisi ke depan akan semakin ketat. Persaingan bisnis bukan hanya terjadi antar perusahaan di dalam negara, tapi juga sudah semakin mengglobal.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

“Selain pengembangan SDM, tak kalah penting adalah membangun budaya perusahaan,” katanya.

PT Telkom sendiri, kata Dwi, berinvestasi cukup besar dalam membangun sumber daya manusia (SDM). Tidak hanya terus menerus memberikan edukasi SDM agar berkualitas, Telkom juga terus membangun budaya kerja yang diharapkan membuat setiap karyawan bekerja secara nyaman dan profesional.

“Banyak perubahan yang kita lakukan. Hasilnya, performa bisnis kita meningkat pesat. Target revenue kita mencapai diatas Rp 100 triliun, dengan market value hingga Rp 300 triliun,” katanya.

“Telkom sudah mempersiapkan SDM sejak lama. Dalam beberapa tahun terakhir ini. Ini ditandai dengan ISCLO pertama di Bandung tahun 2013, dilanjutkan ISCLO kedua tahun 2014 di Jakarta dan ISCLO di Jogja ini. Semua ini merupakan bagian dari upgrade SDM yang nantinya akan memegang manajemen di masing-masing perusahaan,” paparnya.

Sementara itu, Executive Vice President Telkom Regional 4 Jateng dan DIY Rosyidul Umam Ali menambahkan, SDM yang menjadi backbone sebuah perusahaan untuk maju. Terkadang, sebuah perusahaan hanya ingin mencari jalan mudah, yaitu dengan membajak SDM dari perusahaan lain.

“Beruntung, tidak semua SDM di Telkom mau dibajak. Karena semangat bekerja masing-masing personal tidak hanya berdasar pada pendapatan yang diperoleh, tetapi ada faktor budaya kerja, lingkungan kerja yang dibuat nyaman, serta faktor-faktor lain yang mendukung seseorang betah bekerja,” paparnya.

Ia mencontohkan, adanya era teknologi dan digitalisasi, Telkom mulai menghapus sekat antarbagian. Perusahaan menyadari, SDM butuh kenyamanan bekerja.

“Salah satunya, karyawan bisa bekerja di mana saja, karena ada internet. Membuat suasana enak dan karyawan bisa merasa bekerja seperti di rumah sendiri, dan masih banyak lainnya,” katanya.

ISCLO ke-3 tahun ini, PT Telkom bersama Telkom University menghadirkan Main Speaker Dr Cees Terlouw yang juga senior researcher and consultant Twente University Netherland. Juga ada keynote speaker Prof Dr Ir Dermawan Wibisono MEng dari Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB.(*)

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.