Berita Nasional Terpercaya

16 Juta Orang Andalkan Hidup dari Industri Sawit

0

NUSA DUA, HarianBernas.com–Industri kelapa sawit memiliki posisi strategis dalam perekonomian Indonesia. Selain menyerapkan tenaga kerja yang sangat besar, industri ini juga mampu mengentaskan kemiskinan di pedesaan dan berkontribusi dalam upaya pemerataan pembangunan, terutama di luar Pulau Jawa, karena sebagian besar industri kelapa sawit berada di luar Pulau Jawa.

Bahkan sampai saat ini, industri sawit telah membuka lapangan kerja bagi 4 juta kepala keluarga, bahkan ada 16 juta orang yang menggantungkan hidupnya dari industri sawit. Karena itu, menurut Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono , sudah saatnya industri kelapa sawit ditetapkan sebagai komoditas strategis oleh pemerintah karena berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.

Dalam acara Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/11), Joko Supriyono mengatakan bahwa industri sawit saat ini sedang mengalami situasi sulit. Hal ini terjadi karena harga minyak sawit sejak tahun lalu menurun tajam. Bahkan pada periode Januari-Oktober 2015, penurunan rata-rata CPO mencapai 584 dolar AS per ton dari harga sebelumnya mencapai 821 dolar AS per ton pada periode yang sama tahun 2014.

Penuruan harga juga terjadi karena permintaan dari negara-negara importir utama melemah, seperti dari Eropa dan Timur Tengah. Menurut Joko Supriyono, berdasarkan data yang ada, ekspor CPO dan produk turunannya ke Eropa dan Timur Tengah pada periode Januari-Oktober 2015 masing-masing turun 6 persen dan 17 persen. Selain itu, penurunan terjadi karena persediaan minyak nabati dunia berlebih dan meningkatnya produksi minyak kedelai.

Menko Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan yang juga hadir pada kesempatan itu mengatakan, industri sawit telah menjadi industri strategis dengan kontribusi yang besar untuk pemasukan negara dan membuka lapangan kerja. Karena itu, menurut Menkopolhukam, industri ini harus dilindungi dari kampanye negatif yang berkaitan dengan isu lingkungan dan kesehatan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.