Berita Nasional Terpercaya

Dua Pemuda Indonesia Tamatan SMA Berhasil Mengungguli Insinyur Lulusan UniversitasTerkemuka Dalam Sebuah Kompetisi Tingkat Dunia

0

SEMARANG, HarianBernas.com— Tahukah anda, berdasarkan survei, orang Indonesia sebenarnya memiliki banyak orang hebat. Mungkin anda salah satu diantaranya? 

Hal tersebut dikarenakan semakin banyak kisah anak-anak terbaik dari Indonesia yang berhasil memenangkan berbagai ajang perlombaan atau adu karya di tingkat dunia. Jika sebelumnya kita memiliki tokoh hebat di tingkat dunia seperti BJ Habibie, berjalannya waktu orang-orang hebat dari Indonesia terus bermunculan untuk memberikan inspirasi kita semua. 

Hingga kini Indonesia terus melahirkan generasi hebat. Tahukah anda bahwa ada dua pemuda Indonesia yang berhasil menjadi juara dalam mendesain jet engine bracket bahkan hasil karyanya tersebut sukses mengalahkan seorang Insinyur dari Unversitas Oxford. Wow, bagaimana kisahnya? 

Sebagaimana dilansir di berbagai media,  Arfian Fuadi (28 tahun) dan Arie Kurniawan (23 tahun), kakak beradik asal Salatiga, berhasil menjadi juara pertama dalam ajang ?3D Printing Challenge? yang diadakan General Electric (GE) tahun ini.

?Arfian dan Arie berhasil mendesain jet engine bracket yaitu salah satu komponen untuk mengangkat mesin pesawat terbang yang paling ringan dari komponen serupa yang pernah dibuat di dunia. Bahkan, mereka berhasil mengalahkan peserta dengan gelar Ph.D dari Swedia yang menyabet peringkat kedua dan insinyur lulusan University of Oxford yang meraih juara ketiga,? ujar Handry Satriago, CEO General Electric Indonesia, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Dua pemuda ini hanyalah lulusan SMA Negeri 7 Semarang dan SMK Negeri 2 Salatiga, Jawa Tengah.  Lantas dengan bermodal pendidikan minim itu, apa yang menjadikan dua pemuda ini bisa berhasil dalam karyanya ?

Resepnya ternyata sederhana. Anda mau tahu apa itu?

? Tujuan sekolah bukan hanya sekadar mendapatkan ijazah. Ilmu yang terpenting yang harus didapat. Percuma dapat ijazah tapi sedikit ilmu yang didapat dari sekolah. Kami mencari ilmu itu secara otodidak dan kami selalu berimajinasi dan mencoba menaklukan imajinasi itu. Alhasil, sekarang kami telah berhasil menjuarai karya yang kami buat?. Ujar mereka.

Kedua pemuda ini berhasil menyisihkan 700 karya dari 50 negara peserta yang mengikuti kompetisi tersebut. Keunggulan jet engine bracket yang didesain Arfian dan Arie adalah komponennya yang hanya berbobot 327 gram atau 84 persen lebih ringan dari pascaproses pembuatan cetak biru atau prototipe Jet engine bracket saat ini yang seberat 2 kilogram.

Luar biasa sekali bukan? Nahh, untuk anda  semuanya, ayo teruslah berkarya untuk Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.