Berita Nasional Terpercaya

Setahun Sajada, Gelar Syuhada Bershalawat

0

 

JOGJA, HarianBernas.com ? Sebuah perkumpulan atau organisasi sosial keagamaan yang bernama Sillaturahmi Jama?ah Dhuha Masjid Syuhada (Sajada) menggelar acara Syuhada Bershalawat, Jumat (27/11) malam, di Halaman Masjid Syuhada. Ratusan orang hadir mengikuti acara shalawat yang dipimpin Ustadz Subchan, dan Gus Ilham yang merupakan murid dan pelantun shalawat yang biasa mendampingi Habib Syech.

Acara yang berlangsung sekitar pukul 20:00 tersebut berlangsung khidmat. Syuhada Bershalawat ini digelar dalam rangkaian kegiatan hari jadi atau milad organisasi Sajada yang pertama.

 Kabid Pengembangan Organisasi Sajada, R Aditya Wicaksono, kepada sejumlah media menuturkan, kegiatan milad pertama tahun ini mengangkat temaangan JBerhenti Berbuat Baik?. Acara shalawat dijadikan pemuncak acara milad karena panitia ingin kegiatan yang bersifat inklusif dan dapat diikuti semua golongan Islam yang ada. ?Yang ingin kami capai di sini adalah persatuan. Sajada tidak ingin dikotak-kotakan, dan kami juga tidak ingin pengkotak-kotakan. Sebab itu, kami terbuka kepada siapa saja. Lewat acara shalawat ini semuanya bisa datang,? ujar Aditya.

Berawal dari wali murid yang menunggu anak-anak mereka bersekolah, para orangtua ini akhirnya bertemu dan berkumpul di Masjid Syuhada. Mereka lantas mencetuskan ide untuk memperbanyak ibadah sunah, salat Dhuha, dan juga pengajian. ?Dulu saat pertama kali Sajada berdiri, ada sekitar 20 sampai 40 orang yang melaksanakan salat Dhuha. Saat ini, saya sempat menghitung ada 200 orang setiap siangnya melaksanakan salat Dhuha,? tuturnya saat diwawancarai HarianBernas.com.

Aditya mengakui, awal Sajada berdiri dibentuk oleh sekumpulan pengusaha muda Jogja yang mengantar anak-anak mereka ke sekolah. Namun saat ini keanggotaan Sajada berasal dari semua lapisan masyarakat, dari tukang becak sampai mantan Walikota Jogja Herry Zudianto.

?Dari data yang tercatat di Pak Herry Zudianto sampai saat ini ada 250 anggota Sajada. Kami bisa mengetahui jumlah anggota karena anggota Sajada juga mengikuti arisan Masyarakat Ekonomi Syariah yang dibina Pak Herry,? katanya.

Selain kegiatan Syuhada Bershalawat, sebelumnya Sajada juga menggelar berbagai acara untuk memperingati hari jadi Sajada yang lahir pada 28 November 2014. Mulai dari bakti sosial, bincang bisnis dan seminar parenting. ?Selama satu tahun ini, kami telah berhasil menggelar empat kali tabligh akbar. Dan mayoritas digelar di mal, seperti Ustadz Yusuf Mansyur, Aa Gym dan Ustadz Hari Mukti,? paparnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.