Berita Nasional Terpercaya

Jumlah Penelitian Hanya 0,09 Persen

0

SURABAYA,HarianBernas.com?Jumlah penelitian di Indonesia masih sangat jauh dari ideal. Saat ini, jumlah penelitian di Indonesia hanya 0,09 persen dari Gross Domestic Product (GDP) .

Salah satu faktor yang yang menyebabkan rendahnya penelitian, adalah minimnya peran serta industry. Penelitian di Indonesia, masih mengandalkan anggaran dari pemerintah. Kondisi ini berbeda dengan Negara-negara maju, dimana dunia swasta atau industry berperan besar dalam riset.

Menristekdikti Prof Drs Mohammad Nasir M Si Akt Ph.D mengatakan, jumlah penelitian Indonesia kalah jauh jika dibandingkan dengan negara lain di ASEAN.

Menurut dia, saat ini peneliti Indonesia yang terdaftar di LIPI hanya 8.000 orang. Di perguruan tinggi terdapat 16.000 peneliti.

Rendahnya volume penelitian ini, berpengaruh luas ke berbagai sektor. Bahkan industri sendiri, ikut merasakan minimnya penelitian.

?Karena budaya penelitian rendah, banyak hal harus kita beli dari negeri tetangga. Tidak terkecuali obat-obatana. Karena impor, maka harga yang ditanggung konsumen juga tinggi,? jelasnya.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.