Berita Nasional Terpercaya

Mulai 2016, Atlet Bulutangkis Bisa Bermain Rangkap

0

JAKARTA, HarianBernas.com–Mulai tahun 2016, atlet bulutangkis Indonesia boleh bermain rangkap, baik untuk ganda putra, ganda putri maupun ganda campuran. Kebijakan ini diambil karena prestasi sejumlah pasangan atlet di ganda campuran dan ganda putra maupun putri melorot terus di setiap turnamen.

Kabijakan ini difokuskan bagi pemain-pemain muda potensial karena merekan dinilai mampu bermain rangkap. Dan kebijakan ini akan dijalankan mulai awal tahun 2016. Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Rexy Mainaky di sela MILO School Competition 2015 di Jakarta, Sabtu (28/11), bila sampai akhir tahun seorang atlet yang bermain di ganda putra atau putri kurang berprestasi, akan dipindahkan ke ganda campuran. Namun, PBSI tetap memproyeksikan prestasi pemain meski tidak terkena degradasi di salah satu nomor ganda.

Menurut Rexy, salah satu pemain yang pindah ke ganda putri adalah Richi Puspita Dili. Ia sebelumnya pernah berpasangan dengan Riky Widianto di ganda campuran. Richi berpasangan dengan Rizki Amelia Pradipta di ganda putri yang saat ini sedang mengikuti turnamen Makau Terbuka 2015.

Rexy mengaku pelung Richi masuk Olimpiade 2016 sudah tidak ada. Karena itu, pihaknya kini menunggu promosi degradasipelatnas PBSI untuk kemudian mentapkan Richi di sektor yang sesuai dengan bakatnya. Untuk mewujudkan kebijakan itu, PBSI telah menyiapkan sejumlah pemain muda yang bisa bermain rangkap pada dua nomor ganda, antara lain Muhammad Rian Ardianto, Hardianto dan Rian Swastedian.

Meski demikian, menurut Rexy, pelatnas PBSI tidak akan terburu-buru dan tetap berhati-hati dalam menetapkan atlet-atlet yang bisa bermain rangkap. Rexy sendiri pernah menyatakan bermain rangkap memberikan manfaat prestasi bagi atlet karena atlet dituntut cepat beradaptasi dan lebih intensif mempelajari pola permainan lawan.

Menurut Rexy, ritme permainan di sektor ganda, baik di ganda putra, ganda putri maupun ganda campuran sangat berbeda. Dan atlet akan mendapatkan manfaat daya tahan fisik maupun mental yang kuat setelah mengikuti lebih dari satu pertandingan dalam satu hari. “Soal fisik bisa disiasati, antara lain dengan bermain di dua nomor maka latihan persiapan disesuaikan,” kata Rexy Mainaky yang pernah berjaya bersama pasangannya, Ricky Subagya ini.

Pebulutangkis Guna Dharma Bandung Mia Mawarti Utami memperlihatkan permainan yang menjanjikan di tiga seri Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Li Ning Open 2015. Mia juga berpotensi bisa diturunkan di nomor ganda mulai 2016. (Foto: badmintonindonesia.org)

Leave A Reply

Your email address will not be published.