Berita Nasional Terpercaya

Dukung Wisata, Gunungkidul Genjot Infrastruktur Jalan

0

JOGJA,HarianBernas.com–Sektor pariwisata membawa dampak besar bagi kesejahteraan masyarakat Gunungkidul. Untuk itulah, dalam upaya terus mendongkrak kunjungan wisata, pemkab terus menggenjot dana sarana dan prasarana, terutama infrastruktur jalan.

?Selama ini kendala utama sektor pariwisata di Gunungkidul menyangkut jalan, makanya tahun 2016 nanti kita siapkan anggaran sekitar Rp 70 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan,? kata Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul, Purwanto ketika dihubungi Minggu (29/11).  Diakui, anggaran itu meningkat dua kali lipat dibanding anggaran di tahun 2015 ini.

Dijelaskan, dari panjang 686 kilometer jalan kabupaten yang ada di Gunungkidul, baru 60 persen saja yang kondisinya sudah cukup baik. Sementara sekitar 200 kilometer jalan kabupaten sisanya dalam kondisi masih butuh perbaikan.

Kondisi tersebut menjadi perhatian bagi pemerintah daerah dan kalangan dewan karena keberadaan jalan sangat vital terutama dalam mendukung dunia pariwisata. Untuk itu, dalam APBD 2016, pemerintah daerah mengalokasikan anggaran yang cukup besar di bidang infrastruktur.

Menurutnya, anggaran untuk pembangunan infrastruktur ini nantinya akan digunakan untuk memperbaiki jalan kabupaten yang nilainya sekitar Rp 60 miliar. Sementara sekitar Rp 10 miliar akan digunakan untuk pembangunan jalan strategis lainnya.

Sebagian besar dana untuk pembangunan jalan pada 2016 mendatang menurut politisi Partai Gerindra ini, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat. Tahun 2016, pemerintah daerah mengajukan anggaran DAK sebesar Rp  49 miliar dan disetujui seluruhnya oleh pemerintah pusat.

Dengan alokasi yang cukup besar tersebut, menurut Purwanto diharapkan infrastruktur jalan di Gunungkidul semakin  baik lagi. Dengan begitu, bisa mendukung pariwisata sehingga bisa menarik wisatawan yang lebih banyak lagi.

Terpisah, Kepala DPU Gunungkidul, Edy Praptono mengakui kalau anggaran untuk infrastruktur jalan pada APBD 2016 cukup besar. Hal itu merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memperbaiki sarana dan prasarana pendukung pariwisata. (ryo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.