Berita Nasional Terpercaya

Taman Lalu Lintas Jogja Bikin Iri Daerah Lain

0

JOGJA, HarianBernas.com ? Taman lalu lintas, wahana untuk pendidikan tertib berlalu lintas sejak dini, bukan barang baru di Indonesia. Namun, Taman Keselamatan Lalu Lintas milik Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan kini dikelola Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, membuat iri daerah lain yang sudah maupun belum memiliki taman lalu lintas.

Keseriusan pengelolaan dan pengembangannyalah yang membuat taman lalu lintas yang berlokasi di Giwangan, Umbulharjo, Jogja itu dilirik daerah lain. Contoh kecil saja, di Taman Keselamatan Lalu Lintas Jogja sudah ada petugas yang khusus ditempatkan di taman itu untuk melayani dan memandu pengunjung.

“Taman milik Jogja ini banyak diapresiasi dari pemerintah daerah lain yang juga punya taman serupa. Terutama karena taman di sini kita kelola dengan baik,? kata Kepala Bidang Pengendalian Operasi dan Bimbingan Keselamatan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Sugeng Sanyoto.

Banyaknya kunjungan, terutama dari TK dan SD, membuat Pemkot makin serius untuk mengembangkannya. Keseriusan ditunjukkan dengan penyusunan detail engineering design (DED) pengembangan Taman Lalu Lintas yang sekarang dalam proses penyelesaian. DED memuat gambaran rencana pengembangan taman lalu lintas secara menyeluruh dan terperinci.

Di dalam DED disebutkan sejumlah pengembangan yang akan dilakukan, antara lain pembangunan zona transportasi publik, zona outbond dan zona audio visual. ?Target kita DED pengembangan Taman Lalu Lintas bisa selesai tahun ini. Dan selanjutnya pengembangan-pengembangan sudah bisa kita kerjakan tahun depan,? tambahnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.