Berita Nasional Terpercaya

Petani Cabai Kebumen Butuh Mitra Pembeli

0

KEBUMEN,HarianBernas.com--Petani cabai di Kabupaten Kebumen, sangat membutuhkan mitra pengusaha yang siap membeli cabai hasil panen dengan harga yang disepakati bersama dan stabil. Dengan cara ini, petani akan terhindar dari resiko gejolak harga, yang kerap merugikan petani.

Sikun (43) petani cabai, anggota kelompok usaha Agrowisasta Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamattan  Puring, Kebumen mengatakan, harga cabai dari petani sangat tergantung dengan pedagang pengepul. Para pedagang biasanya saling bersepakat akan membeli cabai dari petani di level harga dan periode tertentu.

Akibatnya, petani tidak memiliki posisi tawar yang kuat. Petani tidak bisa menentukan harga cabai, dan hanya mengikuti harga yang ditetapkan pedagang.”Tiga hari ini, pedagang pengepul menaikkan haga cabai,” kata Sikun.

Harga cabai merah keriting di tingkat petani naik Rp 4000, menjadi Rp 16.000 per kg, untuk cabai rawit naik drastis menjadi Rp 20.000 per kg dari harga sebelumnya Rp  9000 per kg.  Sedangkan harga cabai hijau besar atau cabai sayur naik menjadi Rp 11.000 per kg. 

Pejabat Bupati Kebumen  Drs H  Arif Irwanto MSi dihadapan petani hortikultura di Desa Banjareja, Kecamatan Puring, Kebumen Kamis (26/11) mengatakan, pemda melalui inas Perindustrian Pedagangan dan Pengelolaan Pasar Kebumen, akan membantu petani mencarikan mitra petani cabai. Mitra petani bisa menmpung cabai produksi petani dengan harga yang disepakati  kedua  belah pihak.   

Petani agrowisata Suwuk saat ini sedang menanam cabai. Perkebunan cabai, sebagian modal usahanya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pertanian dalam bentuk hibah.(nwh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.